Selasa, 20 Desember 2016

Pasar Malam di Sabang Fair Bangkitkan Ekonomi

    12/20/2016   No comments

MOKI, Sabang-Pemerintah Kota (Pemko) Sabang melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), dan bekerjasama dengan pihak Jurong (RT) Kebun Merica Gampong (Desa) Kuta Barat Kecamatan Sukakakrya Kota Sabang, membuka pasar musiman atau, yang kerap disebut pasar malam.

Tujuan atas kehadiran pasar malam tersebut guna membantu masyarakat, terutama bagi masyarakat menengah ke bawah untuk dapat membelanjakan barang-barang yang dibutuhkan keluarga. Selain itu, kehadiran pasar malam tersebut juga akan terjadi perputaran enokomi yang sangat signifikan.

Sekretaris Disbudpar Kota Sabang Ali Taufik, usai menghadiri doa bersama anak yatim dilokasi arena pasar malam Senin (19/12/16) kepada MOKI mengatakan, dengan hadirnya pedagang musiman pada penghujung tahun seperti ini, sangat lah terbantu masyarakat kecil, apalagi saat ini sekolah lagi libur jadi masyarakat Sabang tidak perlu membuang tenaga dan biaya untuk membelanjakan kebutuhannya keluar Sabang.

Kemudian, dengan kehadiran pasar dadakan seperti ini dipenghujung tahun juga, akan menambah kreasi dipenyambutan tahun baru mendatang. Pasalnya, setiap tahun baru biasanya pengunjungan yang mengunjungi Sabang meningkat drastis, sehingga dengan adanya pasar dadakan ini maka keramaian akan lebih menarik. Sehingga pendapatan bagi kas daerah tentunya juga meningkat.  

“Kita Optimis dengan hadirnya pasar dagang dadakan ini, pendapatan kas daerah meningkat drastis. Apalagi tahun baru sudah didepan mata dipastikan, pengunjung yang berkunjung ke Sabang meningkat dan dengan demikian, keuntungan bagi masyarakat dan pemerintah sangat besar,” kata Ali Taufik yang kerap disapa Alto.

Sementara itu, Ketua Pemuda Jurong Kebun Merica Dedek Safar menambahkan, pihaknya menghadirkan pasar malam tersebut, guna membantu masyarakat menengah kebawah. Karena setiap dihadirkan pasar malam, seperti sebelumnya keuntungan bagi masyarakat pulau Sabang sangat berarti.

Pasalnya, pihak pelaku pasar malam yang jumlahnya ratusan itu, bukan saja mengobral barang-barang dagangannya saja tetapi juga disiapkan, berbagai pasilitas hiburan anak-anak tak ubahnya permainan yang ada di kota besar. Untuk itu diharapkan kepada pemerintah daerah agar, memberi peluang kepada pedagang pasar malam waktu yang dapat memuaskan masyarakat.

Perputaran ekonomi bukan saja dari sisi pedagang pasal malam, tetapi pemasukan dari pengunjung liburan ini yang datang ke Sabang akan menonggrak ekonomi. Itu belum lagi dari retibusi pajak serta perparkiran, dimana setiap hari pengunjung yang mengunjungi pasar malam ratusan manusia.

“Saya pikir kegiatan pasar malam itu sangat menguntungkan masyarakat menengah kebawah, konon lagi sekarang sedang libur sekolah orang tua murid tidak perlu harus keluar dari Sabang untuk membelanjkan kebutuhan anak-anaknya. Karena di pasar malam itu sudah tersedia segalanya dengan harga murah, yang penting pemerintah daerah dapat memberikan luang waktu kepada pedagang,” pinta Dedek.

Pihak pengelola pasar malam dan hiburan anak-anak, sebelum pasar malam dadakan itu dibuka secara resmi. Pada Senin sore dilakukan Peusijeuk (tepung tawar) dan santunan bagi anak yatim dilingkungan Jurong Kebun Merica doa bersama. Hadir pada acara peusijeuk antaranya Jurong Kebun Merica Ismed, Ketua Pemuda Dedek Safar, Imam Meunasah dan pengelola pasar malam. (Jalaluddin Z.Ky).

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.