Sabtu, 24 Desember 2016

Polsek Sukakarya Sabang, Antisipasi Kemacetan Saat Libur Panjang

    12/24/2016   No comments

MOKI, Sabang-Kawasan Wisata Iboih Kecamatan Sukakarya Sabang, merupakan daerah tujuan kunjungan wisata yang paling ramai dikunjungi para wisatawan. Apalagi jelang liburan panjang seperti Natal dan Tahun Baru, daerah tersebut sering terjadi macet sehingga untuk parker kendaraan saja sangatlah sulit. Oleh karena suasana tersebut maka Kapolres Sabang melalui Kapolsek Sukakarya melakukan sosialisasi dan kerjasama dengan masyarakat setempat.

Kapolres Sabang AKBP Slamet Wahyudi S.Ik, melalui Kapolsek Sukakarya Ipda Arga Arianda Siregar, S.Ik, hari Jumat (23/12/16) kepada MOKI TV mengatakan, pihaknya telah beberapa kali melakukan sosialisasi dan kerjasama dengan masyarakat Gampong (Desa) Iboih Kecamatan Sukakarya Kota Sabang, untuk mengantisipasi kemacetan yang kerap terjadi di daerah kawasan wisata Iboih, katanya.

Kita telah beberapa kali melakukan berbagai cara untuk mencari solusi terhadap kemacetan yang kerap terjadi di daerah kawsan wisata Iboih, terutama pada setiap libur panjang. Kerjasama yang kita lakukan bersama masyarakat setempat adalah dengan cara bergotong-royong membersihkan lokasi-lokasi yang dapat menampung tempat parkir kenderaan.

Menurut Arga Kapolsek Sukakarya, daerah kawasan tujuan wisata Sabang terutama daerah Iboih, Gapang dan Tugu Kilo Meter Nol (KM. O), kerap terjadi kemacetan pada setiap libur panjang termasuk menjelang tahun baru. Untuk itu Polsek Sukakarya bekerjasama dengan masyarakat setempat disekitar lokasi wisata, akan melakukan gotong-royong ketempat yang akan dijadikan lokasi parkir pada libur tahun baru mendatang, ujar Arga.

Kami telah melaksanakan gotong-royong bersama-sama dengan masyarakat setempat, untuk membersihkan lahan yang dapat menampungkan parkiran khususnya untuk kendaraan roda empat. Sebab kemacetan tersebut terjadi karena banyaknya kendaraan roda empat yang menuju kelokasi wisata membawa para turis local yang berlibur pada saat liburanan.

“Dengan demikian dapat dipastikan pada libur tahun baru nanti, tidak akan terjadi lagi kemacetan seperti yang terjadi selama ini. Dan diharapkan kepada para pemakai kendaraan roda empat dapat menyadari dan mematuhi aturan yang telah kami upayakan, hendaknya kendaraannya diparkir ditempat-tempat yang telah kami sediakan. Oleh karenanya, untuk menuju lokasi wisata yang mereka tuju, harus berjalan kaki dari lokasi parkiran “, tukas Kapolsek Sukakarya Iptu Arga Arianda Siregar.

Sementara itu, Keuchik Gampong Iboih Fadil, kepada MOKI TV menambahkan, dengan telah tersedianya kantong-kantong tempat parkir kendaraan, maka diharapkan pada saat liburan baik itu liburan anak sekolah maupun saat liburan tahun baru nanti, kawasan wisata Iboih, Gapang dan KM – O, dipastikan bebas dari macet.

Saya atas nama masyarakat Gampong Iboih, mengucapkan terima kasih banyak kepada Polres Sabang khususnya Kapolsek Sukakarya, yang telah tergerak hatinya untuk melakukan sosialisasi dan kerjasama dengan masyarakat. Kerjasama ini sangat bermanfaat sekali karena bentuknya adalah menyediakan lahan parkir dilokasi wisata yang ramai dikunjungi turis dan turisman, mengindari kemacetan, ujar Fadil.

Diharapkan kepada Pemerintah Kota (Pemko) Sabang dan Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS), agar melengkapati sarana kebutuhan pendukung wisata seperti mengenai air bersih. Kemudian Fasilitas Dermaga untuk penyeberangan dari Iboih menuju pulau Rubiah juga belum memadai, padahal pulau Rubiah sendiri sebagai lokasi yang paling digemari turis dan turisman.

“Kami memohon kepada Pemko Sabang dan BPKS, supaya membangun Dermaga yang lebih layak untuk menyeberang ke kawasan wisata pulau Rubiah. Selanjutnya bangunan untuk kamar ganti pakaian pengunjung khususnya bagi pengunjung yang wanita belum memadai, hal ini menjadi perlu perhatian khusus karena program Parawisata kita adalah daerah wisata yang islami, pungkas Keuchik Iboih Fadli. (Jalaluddin Z.Ky)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.