Senin, 30 Januari 2017

KPU Kabupaten Pati Lakukan Sosialisasi Rekapitulasi Pemungutan Suara Di Hotel Gritary Perdana

    1/30/2017   No comments

MOKI, PATI-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati mengadakan sosialisasi Rekapitulasi pemungutan suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2017 bersama Ormas, LSM dan Masyarakat di Hotel Gritary Perdana Jalan Syeh Jangkung. Senin, 30/1/2017. Pukul, 09.30 WIB.

Sosialisasi Rekapitulasi pemungutan suara dihadiri peserta kurang lebih 100 orang yang mengikuti Rekapitulasi sampai penetapan hasil pemilihan Kepala Daerah.

Kegiatan sosialisasi tersebut dihadiri Komisioner KPU Kabupaten Pati Ahmad Jukari, S.Ag. MH, Supriyanto, SH, Imbang Setawan, ST dan Umi Nadliroh, S.Pd juga dihadiri oleh Komisioner Panwas Kabupaten Pati Muh. Rifai, S.Pd, Pimpinan Parpol, Ormas, LSM, Media Cetak dan Elektronik.

Ketua KPU Kabupaten Pati yang diwakili oleh Ahmad Jukari, S.Ag. MH dalam sambutannya mengatakan,"KPU Kabupaten Pati melaksanakan tahapan Pilkada Kabupaten Pati sesuai dengan regulasi yang ada, karena kami hanya manusia biasa apabila ada kesalahan bisa dikoreksi.
Karena Pilkada saat ini lebih transparan, bahkan formulir C1 akan kita upload di website resmi KPU,"katanya.

Sedangkan Komisioner Panwas Kabupaten Pati Muh. Rifai.S.Pd dalam sambutannya mengatakan,"Pada prinsipnya sama yang disampaikan oleh KPU kita selaku penyelenggara tanpa peran dari masyarakat tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal,"jelasnya singkat.

Komisioner KPU Pati Supriyanto, SH. Menyampaikan Materi sosialisasi tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara kepada peserta mengenai Dasar hukum pelaksanaan Pemungutan dan penghitungan suara sesuai UU Nomor 10 Tahun 2016, PKPU Nomor 7 Tahun 2016 dan PKPU Nomor 14 Tahun 2016 . Menjelaskan Suara sah dan tidak sah, pada prinsipnya dicoblos lebih satu kali selama masih di dalam satu kolom dinyatakan sah. Untuk Pilkada tahun 2017 tidak ada rekapitulasi di tingkat PPS, namun secara teknis dilaksanakan di PPK ( Kecamatan) dibantu oleh PPS.

Sedangkan materi pengawasan pemungutan suara disampaikan oleh Komisioner Panwas Kabupaten Pati Muh Rifai, S.Pd. dengan menjelaskan bahwa Panwas fokus ke pengawasan kepada Akurasi data dan  penggunaan hak pemilih yang menyebabkan tidak terjaminnya hak konstitusional warga dalam meilih, Ketersedian logistik dan perlengkapan pemilu lainnya yang menyebabkan gagalnya penyelenggaran pemilu, money politik dan transaksi politik yang menyebabkan rusaknya integritas hasil pemilu, Kualitas dan netralitas (integritas) penyelenggara yang menyebabkan ketidak Kepatuhan dalam menjalankan prosedur  dan tata cara sesuai peraturan dan menguntungkan pihak tertentu dan Keterlibatan aparat struktural  yang menyebabkan pelanggaran terstruktur, sistematis dan massif. (Aris)



Kang Aris

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.