Sabtu, 21 Januari 2017

Program Nasional Kartu Tani bagi Petani Indonesia

    1/21/2017   No comments



MOKI, GROBOGAN - Dibeberapa Desa yang ada di Kabupaten Grobogan telah mengumpulkan warganya untuk berkumpul di balaidesa dengan membawa KTP dan KK sebagai persyaratan untuk mendapatkan kartu tani yang langsung dikelola oleh BRI sebagai Bank Pemerintah yang mendapatkan keoercayaan dari Pemerintah untuk mengelola program nasional bagi petani Indonesia.

Pembagian kartu tani tidak dipungut biaya, hanya petani diwajibkan untuk menabung di BRI, pembagian kartu tani tersebut terlihat di Desa Pakis, Desa Kandangan, Kelurahan Kalongan dan di Desa Desa lain lainnya di Kabupaten Grobogan, tetapi juga disayangkan ada beberapa petani yang mendapatkan kartu tani masih ada yang belum paham fungsi dari kegunaan kartu tani tersebut.

Salah satu warga Desa Pakis Ladiyo Sabtu ( 21/1/2017 ) mengatakan " pemberitahuan untuk pemgambilan kartu tani di balaidesa mendadak mas dan itu yang beritau dari RT, juga disuruh untuk membawa KTP dan KK sebagai persyaratan pengambilan kartu tani mas, dan saya belum jelas fungsi dari kartu tani ini mas." ujarnya.

Sebenarnya sosialisasi sudah dilaksanakan oleh pihak Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan melalui Penyuluh Lapangan, UPTD Pertanian yang langsung ke Gapoktan Gapoktan di Desa Desa setempat dan sistem kartu tani hampir sama kayak ATM hanya program ini dikhususkan untuk pertanian agar petani lebih mudah mendapatkan pupuk bersubsidi, bisa mendapatkan obat obatan pertanian, dan juga untuk membiasakan masyarakat menabung.

Kabid Penyuluhan, Sarana dan Prasarana Pertanian Ir. Latifawati Kun Akhadiana, M.M Sabtu ( 21/1/2017 ) mengatakan " program kartu tani adalah program Nasional dan Jateng untuk kesejahteraan petani agar petani lebih mudah mendapatkan pupuk bersubsidi dan pihak pengecer, distributor tidak bisa mempermainkan harga pupuk bersubsidi dan membiasakan masyarakat untuk menabung." katanya.

" kartu tani sistemnya hampir sama pemakaiannya seperti ATM mas, dan nanti juga ada pinnya juga dan pengelolaan kartu tani di serahkan ke BRI mas maka dari itu petani yang mendapatkan kartu tani harus memasukan tabungan dahulu apabila ingin mengfungsikan kartu tani tersebut dan BRI nantinya akan bekerjasama dengan pengecer, distributor dan juga dinas terkait mas, untuk pendataan sebenarnya sudah satu tahun yang lalu." kata Latifawati Kun Akhadiana.

Program kartu tani sebagai program nasional yang akan memajukan dan menyejahterakan petani yang ada di Indonesia agar bisa bersaing dengan petani petani dari negara lain dan juga bisa mewujudkan swasembada pangan nasional. ( Miftakh )


Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.