Minggu, 26 Februari 2017

Koperasi Pangestu Tidak Transparan Dalam RAT

    2/26/2017   No comments

MOKI, PATI-Koperasi dalam menjalankan manajemen keuangannya diharuskan terbuka dan transparan kepada anggota maupun kepada masyarakat umum demi kelangsungan Koperasi tersebut, apalagi sekarang juga diwajibkan harus mendaftarkan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) maupun kepada Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) untuk menjamin keamanan uang anggota yang tersimpan disitu.

Dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Pangestu Kabupaten Pati yang dilaksanakan, Minggu, 26/2/2017. bertempat di gedung pertemuan Salza Pati ini justru tertutup untuk wartawan dengan dalih hanya untuk kalangan internal saja.

Hal tersebut disampaikan oleh salah satu Karyawan Koperasi Pangestu di depan pintu masuk ruang pertemuan, karena sudah diberi pesan amanat oleh pimpinannya tidak boleh ada wartawan masuk untuk meliput.

Kejadian seperti ini justru menjadi tanda tanya besar, ada apa sebenarnya dengan sistem manajemen Koperasi Pangestu sehingga takut dengan wartawan. Seharusnya malah senang, karena dengan dengan hadirnya wartawan melakukan liputan bisa membantu publikasi Koperasi Pangestu dalam menjalankan sistem manajemennya agar di ketahui oleh masyarakat.

Pelarangan liputan tersebut justru menjadi tanda tanya dengan Koperasi Pangestu dalam menjalankan manajemen, seperti ada sesuatu yang ditakuti supaya masyarakat tidak mengetahui dalam melaporkan anggaran tahunannya.

Memang saat ini Pemerintah sangat ketat dalam pengawasan terhadap Koperasi-Koperasi dalam menjalankan manajemennya, karena sudah banyak Koperasi yang kolep dan bahkan ada Pimpinannya yang kabur dengan membawa Ratusan Juta hingga Milyaran uang milik anggota, hal tersebut karena sistem manajemennya tidak bagus dan kurang transparan kepada anggota. Banyak Koperasi yang terkesan besar kantornya, tetapi tidak masuk dalam laporan OJK maupun LPS sehingga dengan mudah membara kabur uang anggota. Banyak anggota yang tidak terjamin simpanannya di Koperasi, hanya karena iming-iming bunga simpanan besar. (Aris)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.