Rabu, 29 Maret 2017

Baitul MAL Aceh Timur Laksanakan Sosialisasi ZIS 2017

    3/29/2017   No comments

Usman A Rachman, SH, SP  Assisten II Setdakab Aceh Timur, sedang memberikan arahan Sosialisasi Zakat, Infaq dan Sadaqah (ZIS), Rabu (29/3/2017).
MOKI, IDI, Aceh Timur. Islam sebagaimana yang kita ketahui, adalah agama yang selalu peduli dengan kepentingan sosial, untuk kemaslahatan umat, hal ini terlihat dalam salah satu rukun islam yaitu berzakat.

Zakat sebagai Rukun Islam ketiga setelah Syahadat dan Shalat, merupakan ajaran yang sangat srategis bagi kaum muslimin. Karena memiliki potensi yang sangat besar untuk mewujudkan kebersamaan dan kepedulian terhadap sesama muslim. Ajaran zakat merupakan ajaran yang memberikan landasan tumbuh dan berkembangnya kekuatan sosial ekonomi dalam kehidupan umat Islam. Ajaran zakat memiliki dimensi yang banyak dan kompleks, mulai nilai ekonomi, sosial, ibadah, moral hingga spiritual, sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa dalam pandangan Islam kekayaan adalah milik Allah, hak orang miskin dalam kekayaan orang kaya terwujud dalam tiga bentuk kewajiban orang kaya terhadap orang miskin yaitu mengeluarkan zakat, infak dan shadaqah.

Untuk itu, salah satu sisi ajaran Islam yang perlu mendapat perhatian yang serius. Oleh sebab itu baitul mal selalu membuka diri untuk menerima masukan-masukan yang bersifat membangun dalam pengelolaan zakat, infak dan shadaqah di kabupaten aceh timur, dan baitul mal mempunyai fungsi antara lain mensosialisasikan, mengumpulkan dan menyalurkan zakat, infak dan shadaqah sesuai dengan ketentuan syariah. Dan apa yang kita lakukan hari ini merupakan implementasi dari fungsi baitul mal itu sendiri. Hal ini dikatakan oleh Usman A Rachman, SH, SP selaku Assisten II Bidang keistimewaan Aceh, Ekonomi dan pembangunan Setdakab Aceh Timur ketika memberikan kata sambutan pada acara pembukaan Sosialisasi Zakat, Infaq dan Sadaqah (ZIS) yang diikuti sebanyak 50 bendaharawan seluruh SKPK dalam Kabupaten Aceh Timur yang berlangsung di aula SKB pada Rabu, 29 Maret 2017.

Selain itu, Zakat merupakan satu pilar dari pilar Islam yang lima. Allah SWT telah mewajibkan bagi setiap muslim untuk mengeluarkannya sebagai penyuci harta mereka, yaitu bagi mereka yang telah memiliki harta sampai hisab (batas terendah wajibnya Zakat) dan telah lewat atas kepemilikan harta tersebut masa haul ( satu Tahun bagi harta simpanan dan niaga atau telah tiba saat memanen hasil pertanian) “ujarnya.

“Menafkahkan sebagian harta kita untuk kepentingan agama dan kepentingan umum (masyarakat) dalam al-qur’anul karim ada juga sejumlah ayat yang mengharuskan kita umat islam berinfak di jalan allah, maka oleh beberapa orang ahli tafsir mengatakan bahwa kata mengharuskan tersebut mengandung maksud: digunakan untuk membangun kepentingan seperti tempat ibadah, pendidikan, sarana kesehatan dan lain sebagainya”. Tegasnya.

Untuk itu, kami mengharapkan kepada pengurus baitul mal untuk meningkatkan pemasukan zakat,infaq dan shadaqah pada tahun ini dan tahun-tahun yang akan datang agar dapat menggali potensi-potensi zakat yang belum tersentuh sehingga dapat menambah pemasukan zakat,infaq dan shadaqah (zis).

Oleh karena itu, kami atas nama pemerintahan kabupaten aceh timur menghimbau dan mengharapkan kepada para peserta agar dapat mengikuti sosialisasi sadar zakat dengan sebaik-baiknya sehingga menjadi muslim yang taat dan melaksanakan rukun islam dengan tulus ihklas semata-mata karena allah swt. Dalam konteks ini marilah kita menunaikan zakat dan menghimbau / mengajak orang lain untuk bersama-sama menunaikan zakat. Pungkasnya.(Rusdi Hanafiah).

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.