Selasa, 28 Maret 2017

Dea Chess Club Banda Aceh, Sumbang Papan Catur

    3/28/2017   No comments

MOKI, Banda Aceh-Ketua Club Catur Dea Chess Club (DCC) Gampong Deah Glumpang Kecamatan Meuraxa Kota Banda Aceh, Fernan (Canon), memberikan bantuan sumbangan berupa papan catur kepada pemilik kedai Kopi Deah Chess secara simbolis, Selasa (28/03-17) pagi. Penyerahan papan catur tersebut disaksikan oleh Ketua Gipsy Chess Club Kota Sabang, Tiopan. AP, Ketua Forkab Sabang Amrun Alimin dan tokoh Gampong setempat Zakaria (75 thn) serta Tokoh Pemuda Firliansyah.

Dalam rangka pembinaan atlet junior pada 4 (empat) Gampong terdiri dari Gampong Deah Glumpang, Deah Baro, Deah Tengoh dan Gampong Lambong di Kecamatan Meuraxa Kota Banda Aceh, maka oleh Pengurus Club Catur Dea Chess Club (DCC) asal Gampong Deah Glumpang Banda Aceh memberikan hibah berupa papan catur standart sebanyak 10 set.

Pada kesempatan tersebut, Fernan selaku Ketua Club mengatakan kepada MOKI, pemberian hibah berupa 10 set papan catur standart dan diberikan secara simbolis kepada saudar Adi selaku pemilik Kedai Kopi adalah merupakan salah satu program pembinaan atlet dari Dea Chess Club kepada masyarakat setempat, ujarnya.

Dikatakan juga bahwa, diberikannya bantuan sarana berupa papan catur kepada kedai kopi tersebut adalah sebagai tempat anak-anak junior untuk berlatih. Hal ini dilakukan karena untuk sementara waktu tempat dan sarana berlatih para atlet junior belum lagi tersedia sebagaimana mestinya disebabkan belum adanya Donatur tetap sebagai penyandang dana untuk sarana dan prasarana.

Meskipun demikian, program pembinaan dan pelatihan bagi para atlet catur junior Dea Chess Club harus dapat berjalan sebab, Club catur ini sebenarnya telah berdiri lebih dari 5 (lima) tahun. Adapun Prestasi yang pernah diraih oleh Atlet junior Dea Chess lima tahun yang lalu adalah ketika mengikuti even turnamen catur di Kota Langsa, ketika itu Atlet Junior Putri DCC An. Famela Naridha berhasil meraih juara ke 1 untuk katagori Junior Putri tingkat SMA sederajat, kata Fernan menjelaskan.

Oleh karena kefakuman Program Pembinaan dan Pelatihan yang dilakukan oleh Dea Chess Club kepada para atlet junior, sehingga berdampak tidak dapat mengirimkan para atlet junior untuk berlaga diberbagai even yang ada di Kabupaten/Kota di Provinsi Aceh, maupun even catur yang dilaksanakan oleh Provinsi Sumatera Utara seperti Waspada Cup.

Kami selaku pengurus club akan melakukan penyaringan pembibitan para atlet junior Putra/Putri dari Usia Dini hingga tingkat SMA yang berdomisili di 4 (empat) Gampong dengan cara membuat Turnamen antara Pelajar dari tingkat Sekolah Dasar sampai tingkat Sekolah Menengah Atas Putra/Putri. Dengan demikian, maka perekrutan para Atlet Junior Putra/Putri DCC yang berbakat dan kedepannya mempunyai potensi menjadi juara, sesuai yang telah direncanakan, tukas Fernan.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, salah seorang tokoh tua yang ada di Gampong Deah Gelumpang Zakaria (75 thn), yang turut menyaksikan penyerahan papan catur kepada pemilik kedai kopi ketika ditemui MOKI mengatakan, dengan telah diserahkannya bantuan berupa papan catur oleh Pengurus Dea Chess Club, maka diharapkan program pelatihan dan pembinaan para atlet junior oleh DCC harus segera dapat dilaksanakan susuai dengan rencana, ujarnya.

Ditambahkan, sesegera mungkin laksanakan kejuaraan catur pelajar untuk tingkat SD s/d SMA di ke 4 (empat) Gampong, agar perekrutan para atlet catur di kalangan para pelajar bisa dilaksanakan sebelum bulan Rahmadhan mendatang. Tujuan dipercepat penyaringan perekrutan atlet itu adalah, ketika para atlet berpuasa dapat berlatih dirumah masing-masing untuk memahami program pelatihan yang diberikan oleh pelatih catur.

Olahraga catur ini sangatlah bermanfaat bagi para pelajar sebab, untuk dapat bermain catur dan bisa menang dengan lawan-lawannya yang sangat diperlukan adalah berfikir untuk mengatur strategi kemenangan. Dan secara otomatis para atlet disuruh berfikir mengasah otak dan memperhitungkan serta membuat perkalian startegi susunan bidak dan perawira kala menyerang dan bertahan. Secara tidak langsung hitungan-hitungan dan ingatan yang kuat menjadi kunci kesuksesan untuk meraih kemenangan, kata Zakaria alias Adun.

Ketua Forkab Sabang Amrun Alimin menanggapi program pembinaan dan pelatihan atlet yang akan dilaksanakan oleh Dea Chess Club mengatakan, olahraga catur sebagai salah satu cabang olahraga yang bukan mengandalkan fisik semata, merupakan olahraga yang sangat berguna bagi para peelajar sebab, akan menambah tingkatan daya pikir dan daya ingat yang semakin tajam, ujarnya.

Maka dari itu, saya mengharapkan club catur Deah Glumpang ini dapat mengimplemintasikan cara kerja Gipsy Chess Club Kota Sabang yang telah terlebih dahulu meraih prestasi baik itu untuk tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, Regional maupun Nasional. Dengan keyakinan yang tinggi dari club ini melaksanakan program pelatihan, saya sangat yakin sekali prestasi DCC akan menyusul club senior Gipsy.

Saya mengucapkan selamat bekerja kepada Dea Chess Club atas program-program yang akan dilaksanakan dan telah tertunda tahunan sehingga prestasi atletnya hanya satu kali saja dan itupun lima tahun yang lalu. Diharapkan prestasi yang lama dapat mendongkrak para atlet junior yang baru direkrut, dalam memacu meningkatkan pelatihannnya meraih prestasi, pungkas Amrun Alimin.  (Hanafiah)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.