Kamis, 30 Maret 2017

KODIM 0104 Aceh Timur Menyambut HUT Persit Bersama PMI Gelar Donor Darah

    3/30/2017   No comments

MOKI, Langsa Aceh. Kodim 0104/aceh timur melakukan kerja bhakti dengan menggelar donor darah untuk pencapaian kebutuhan darah bagi para penderita thalassae mia yang hari ini berada di rumah sakit umum langsa.

Donor darah ini di gelar langsung di  makodim langsa setempat yang teletak di jalan ahmad yani gampong Paya Bujuk. Seuleumak Kecamatan Langsa Baro kota langsa, Rabu (29/3/2017).

Dandim 0104 Aceh Timur Letkol Inf.Amril Haris Isya Siregar,SE turut menyampaikan tujuan untuk donor darah ini di hadapan rekan Wartawan, bahwa dengan di selenggarakan donor darah pada saat menjelang HUT Persit kali ini utamanya untuk membantu rakyat indonesia secara umumnya dan para penderita thalassaemia yang saat ini sangat membutuhkan darah. Dan kegiatan ini adalah masih dalam kawasan kerja Kodim 0104/Aceh timur dengan luas wilayah tiga Kabupaten/Kota, mulai dari Aceh Timur, Kota Langsa dan Aceh Tamiang.

Hal ini adalah sebagai bentuk upaya tindak lanjut dari MoU Orang Tua Asuh antara Kodim 0104/Atim dengan penderita thalassaemia di wilayah kodim 0104/atim dan RSUD Langsa beberapa waktu lalu, jelas Dandim.

Untuk saat ini ada 46 penderita thalassaemia yang terbaring di RSUD Langsa dan sangat membutuhkan kepedulian kita. Hari ini melalui donor darah yang di fasilitasi oleh PMI langsa kita dapat mencapai kebutuhan darah para penderita thalassaemia. Upaya ini kita lakukan bersama agar anak-anak penderita thalas saemia ini dapat terbantu dan beraktifitas kembali,setelah melakukan transfusi darah dengan baik, harapnya.

Sementara itu ketua perhimpunan orang tua penderita thalas saemia indonesia (Popti) kota langsa Dr.Reni suryanti,Sp.A, melalui humas PMI kota langsa Hengki mengatakan, thalassae mia adalah salah satu penyakit yang sangat langka dengan menyerang penderita dengan mengalami pencacatan gen pada darah yang menyebabkan hemo globin dalam sel darah merah keberadaannya tidak normal. Jadi satu-satunya jalan untuk hidup bagi penderita thalassae mia ini adalah dengan melaku kan transfusi darah,berhubung sampai saat ini pula belum lagi ditemukan obat secara medis, terang hengki.

Dengan rincian untuk seorang penderita thalassaemia ini membutuhkan 355 cc darah atau sekitar 1 liter darah untuk satu bulan. Dan resikonya apabila si penderita thalassaemia ini tidak men konsumsi darah seperti yang tertera tadi maka pasien akan mengalami kesulitan, dengan kata lain bisa gagal atau membawa kematian,jelas hengki.

Dari kegiatan donor darah hari ini kita alhamdulillah dapat mengumpulkan 114 kantong darah 355 cc,tutupnya.

Turut hadir di kegiatan donor darah ini antaranya, Komandan Kodim 0104/Atim Letkol Inf.Amri Haris Isya Siregar,SE bersama ketua Persit KCK cabang XXI Koorcabrem 011/LW PD IM Ny.Mira Haris Isya Siregar, Kas dim Mayor Inf.Luthfi Hadi,SH, seluruh perwira Staf,Danramil dan jajarannya, perwakilan anggota koramil dan persit ranting dan juga beberapa anggota persit Raider Khusus 111/Karma Bhakti.(Rusdi Hanafiah).

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.