Rabu, 29 Maret 2017

KUD Sarono Mino Laksanakan RAT Ke 40 Di Aula Gedung Milik Sendiri

    3/29/2017   No comments

MOKI, PATI-Dalam rangka tutup buku Tahun 2016 KUD Sarono Mino gelar Rapat Anggaran Tahunan Ke-40 di Aula Gedung KUD Desa Bajomulyo, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati. Rabu, 29/3/2017. Pukul, 09.45 Wib.

Bupati H. Haryanto, SH. MM. M.Si tidak bisa hadir atas undangan Rapat Anggaran Tahunan KUD Sarono Mino, tetapi kehadirannya di wakilkan oleh kepala Dinas Koperasi Slamet Singgih Purnomo.

Dalam sambutan membuka Rapat Anggaran Tahunan Ketua KUD Sarono Mino Karjono, SH, MM. menyampaikan,"Mengucapkan selamat datang kepada Tamu undangan dan anggota KUD Sarono Mino dalam Rapat Anggota Tahunan ke 40 dan Tutup Buku Tahun 2016. Menjelaskan bahwa KUD Sarono Mino merupakan KUD primer yang ada di Kabupaten Pati, dengan jumlah anggota sebanyak kurang lebih 4.864 orang yang tersebar di berbagai Desa di Pati dan sekitarnya. Usaha yang dimiliki KUD saat ini berupa bengkel kapal, pabrik es, tempat pengisian bahan bakar. Sejak adanya aturan perda dari Pemkab Pati terkait pengelolaan TPI pada tahun 2010 KUD tidak berhak untuk mengelola TPI, sehingga mengakibatkan  dana-dana yang ada di pihak ketiga tidak bisa ditarik, karena pihak KUD sudah tidak berhak untuk mengelola TPI. Dengan adanya hal tersebut sangat disayangkan karena kesejahteraan anggota semakin turun dratis,  jika sejak dipercaya pengelola TPI para anggota terjamin karena dana yang ada untuk kesejahteraan anggota semua, diantaranya untuk pengobatan, bea siswa, pembangunan tempat sekolah dan agama dan hal lain. Pihaknya minta supaya Pemkab Pati dapat meninjau ulang perda tersebut dan pihak Jajaran KUD juga berusaha melakukan pendekatan dan minta bantuan wakil rakyat terkait hal tersebut dg harapann pihak KUD dipercaya lagi untuk mengelola TPI demi kesejahteraan anggota dan masyarakat luas,"katanya.

Pengurus Puskud Mina Baruna Prop. Jateng H. Muslim memberi pengarahan dan menyampaikan ucapan terimakasih kepada Ketua, Pengurus dan anggota KUD Sarono Mino yang telah menyelenggarakan RAT Th. 2016 ke 40. Mengharapkan, agar para anggota benar-benar memanfaatka RAT dengan memberikan saran, pendpaat, kritik positif yang berguna bagi koperasi. Pengurus jangan merangkap jabatan seperti jabatan dalam pemerintahan agar mampu mengurus KUD dengan konsentrasi penuh, meningkatkan profesionalitasnya dan dapat memberikan pelayanan tanpa membeda-bedakan.

Sedang, Kepala Dinas Koperasi Kabupaten Pati Ir. Slamet Singgih Purnomo yang mewakili Bupati Pati dalam sambutan membacakan arahan dari Bupati Haryanto, Bupati mengucapkan selamat dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Ketua, Pengurus dan anggota KUD Sarono Mino yang pada saat ini telah menyelanggarakan RAT ke 40. RAT (Rapat Anggota Tahunan) bagi sebuah Koperasi merupakan hal yang mutlak harus dilaksanakan, karena RAT merupakan ciri dan sendi utama dalam menggerakkan koperasi,  selain itu RAT juga merupakan implementasi dan semangat yang harus hidup dalam koperasi yaitu asas kekeluargaan. Sebagai institusi pengambilan keputusan tertinggi dalam koperasi, Rapat Anggota Tahunan (RAT) menyiratkan bahwa kekuatan utama pada organisasi koperasi adalah pada anggota-nya. Rapat Anggota Tahunan mempunyai arti yang cukup strategis dalam pengembangan Koperasi ke arah yang lebih baik lagi, karena dalam rapat anggota tahunan ini akan membahas : laporan pertanggung jawaban pengurus dan rencana kerja serta rencana anggaran pendapatan dan belanja Koperasi. Pertanggungjawaban ini penting dilakukan untuk mengukur kinerja pengurus serta mengevaluasi seluruh program dan kegiatan agar pada masa-masa mendatang kinerja Koperasi dapat diperbaiki dan lebih disempurnakan lagi, kata Singgih mengakhiri sambutan.

Kegiatan RAT yg diselenggarakan oleh KUD Sarono Mino merupakan kegiatan rutin Tahunan dimana saat ini sudah memasuki RAT yang ke 40 terhitung sejak berdirinya KUD Sarono Mino. (Aris)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.