Kamis, 23 Maret 2017

Menhub Budi Karya Sumadi Kunjungi Galangan Kapal Kayu Juwana

    3/23/2017   No comments

MOKI, PATI-Menteri Perhubungan Ir. Budi Karya Sumadi beserta rombongan menggunakan transportasi udara mengunjungi Galangan Kapal (Pembuatan Kapal Tradisional Dari Kayu) yang berlokasi di komplek Syahbandar Pelabuhan Juwana. Kamis, 23/3/2017. Pukul, 12.00 Wib.

Dalam rombongan Menteri Perhubungan Ir. Budi Karya Sumadi yang diikuti oleh Dirjen Perkapalan dan Kepelautan Rudiana, Dirjen Perkeretaapian Prasetyo Boedicahjono dan Kapolda Jateng Irjen Pol Drs. Candro Kirono yang menggunakan Helli milik Polda Jateng sebelumnya Transit dulu ke Kabupaten Kudus.

Sesampainya di Komplek Syahbandar Pelabuhan Juwana, Menhub beserta rombongan disambut oleh Bupati Pati H. HARYANTO, SH, MM, M.Si. besama Jajaran Muspisda, Jajaran Muspika Kecamatan Juwana, Ka UPP Kelas III Bajomulyo Edi Sukisno, S.Sos, Ka P3 Juwana Jafar Gaol Lumban, Kepala Satker PSDKP Juwana Didik Ristanto, SH, KBO Pol Air Polres Pati Iptu Daffid Paradi, SH dan Ka TPI Pati Sujarto, SE.

Bupati Pati Bp. H. HARYANTO, SH, MM, M.Si menyampaikan pemaparan Kepada Menhub bahwa Wilayah Juwana selain terdapat pelabuhan Kapal ikan juga digunakan sebagai pelabuhan niaga ( bongkar muat ). Meskipun Juwana hanya sebagai kota Kecamatan tetapi terdapat 4 Galangan Kapal ( Dok Kapal ). Bupati Pati juga menyampaikan bahwa saat ini sedang di lakukan Revitalisasi TPI I yang dikelola oleh Prov Jateng.

Kunjungan Menhub ke Juwana dikarenakan adanya pembangunan 100 (Seratus) Unit kapal niaga ( Kapal Rakyat/tradisional ) program dari Pemerintah yang nantinya akan digunakan  untuk masyarakat di pulau-pulau terpencil ( perintis ) dan digunakan sebagai sarana transportasi baik angkutan orang maupun barang sesuai kebutuhan.

Karena Wilayah Juwana terdapat potensi dalam pembuatan Kapal Niaga, diharapkan dengan adanya pembuatan 100 ( Seratus ) Kapal Niaga / Kapal Kayu  akan menghidupkan kembali galangan kapal di Wilayah Juana menginggat kondisi saat ini kapal niaga di Wilayah Juana berkurang.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tahun ini sudah menyiapkan anggaran  untuk menyediakan 100 kapal Niaga ( Kapal Rakyat / kayu )  berukuran 35 gros ton (GT), kapal itu dirancang agar dapat mengangkut muatan 40 penumpang dan 10 ton barang, kapal seperti itu yang dibutuhkan masyarakat di wilayah kepulauan sebagai sarana perhubungan antarwilayah. (Aris)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.