Selasa, 28 Maret 2017

Pembangunan MCK Tahun 2015 Di SMAN I Langsa Diduga Tidak Sesuai RAB

    3/28/2017   No comments

MOKI, Langsa-Aceh. Temuan awak media pada pengerjaan pembangunan MCK di Sekolah Menengah Tingkat Atas SMA Negeri I Langsa tahun anggaran 2015 lalu, mendapati besi yang dipakai bermerk BJKU (Baja Kurang Ukuran) bukan SNI.

Hal tersebut jelas di duga telah melanggar prosedur dalam pelaksanaan pembangunan untuk sebuah Proyek karena dengan sengaja pihak rekanan melakukan penyimpangan yaitu mencari bahan yang lebih murah, meski harus berseberangan dengan ketentuan RAB yang dikeluarkan oleh pihak konsultan dari dinas terkait.

Du gaan tersebut, menjadi pertanyaan awak media dilakukan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak melalui pekerjaan, yakni proyek tersebut disinyalir telah mengeyampingkan peraturan yang ada.

Terkait realita ini, untuk mengetahui lebih lanjut tentang temuan pemakaian besi BJKU di proyek MCK SMAN I Langsa yang sudah dua tahun lalu dikerjakan, hasil temuan awak media waktu itu, mencoba untuk menjumpai nara sumber yang telah lebih dulu melakukan konfirmasi dengan pihak rekanan melalui pesan singkat yang dikirimnya kepada yang bersangkutan.

Namun sms tersebut tidak langsung dibalas oleh rekanan yang ada pada saat itu sedang berada diluar kota, jelas sumber.

Setelah beberapa jam kemudian pihak rekanan yang melaksanakan pengerjaan proyek pembangunan MCK di SMAN I tersebut membalas dengan jawaban, "kalau Paket PL mau juga kalian naikan kemedia, ya enggak tahu mau dibilang apa lagi, tulis rekanan sebagaimana dijelaskan sumber itu kepada awak media.

Ditempat yang berbeda Senin kemarin (27/3) Wartawan kembali mencoba melakukan konfirmasi dengan pihak Kepala Sekolah, sebagai penanggung jawab atas pengerjaan MCK tesebut, namun ketika dihubungi pada nomor soluler 081361691xxx yang bersangkutan tidak merespon dengan mengatakan saya lagi dijalan sambil memutuskan sambungan teleponnya.

Sementara, hasil pantauan proyek saat itu yang ditemukan tertulis di Papan Proyek, "Pembangunan MCK di SMAN I Langsa tahun 2015 itu tertera sebagai berikut, tentang nama kegiatan : Pembangunan MCK, Nomor perjanjian kontrak 008/SMA-SWK/602.1/DAK 2015 , Nilai perjanjian Rp 65.000.000,- , Volume 1 Kegiatan.

Perencana CV. Divisi Engineering Consultant , Pelaksana SMAN I Langsa (Swakelola) , Pengawas CV. Doama Design , Tanggal mulai 02 Oktober 2015 , Tanggal selesai 31 Desember 2015 , Sumber dana DAK 2015.

Dengan adanya temuan ini diminta kepada aparat penegak hukum di jajaran Polres Langsa untuk segera dapat menindaklanjuti dan memanggil semua pihak yang ikut terlibat dalam pelaksanaan proyek MCK di SMAN I tahun 2015 lalu.

Jika memang terindikasi adanya pelanggaran hukum didalamnya, maka sesuai dengan Undang-Undang dan aturan yang berlaku di negara ini, mereka harus mempertanggung jawabkan semua kesalahan mereka, tentang penyalahan bahan pembangunan yang ditetapkan di dalam RAB, demikian penemuan itu, sumber riau kontras. (red).

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.