Selasa, 14 Maret 2017

Perpustakaan Nasional RI Berikan Anugerah Komponis Indonesia Kepada Ismail Marzuki

    3/14/2017   No comments

Penyerahan Anugerah Komponis Indonesia kepada ahli waris ISMAIL MARZUKI oleh Kepala Perpustakaan Nasional RI, Bpk. Drs.  Muh. Syarif Bando, MM didampingi Bpk Jamal Mirdad anggota Komisi X DPR RI
MOKI, Jakarta – Siapa yang tidak mengenal Ismail Marzuki? Sosok seniman, musisi dan pejuang yang telah berjuang untuk Indonesia melalui karya-karya musiknya membakar semangat perjuangan.

Dalam rangka memperingati Hari Musik Nasional yang  jatuh pada tanggal 9 maret, Perpustakaan Nasional  Republik Indonesia (Perpusnas) secara khusus memberikan Anugerah Komponis Indonesia kepada Ismail Marzuki.  Penyerahan disampaikan langsung oleh Kepala Perpusnas Drs. Muh. Syarif Bando, MM kepada perwakilan keluarga mendiang Ismail Marzuki di gedung Teater Perpusnas di Salemba, selasa 14 maret 2017.

Dalam kesempatan yang sama juga diserahterimakan sejumlah partitur lagu dari para musisi dan penyerahan piagam dan registrasi ISMN dari Perpusnas kepada Ismail Marzuki, Rinto Harahap, Benny Panjaitan, Yuliantoro, Otto Sidharta dan Dewan Kesenian Jakarta. Perpusnas menjadi salah satu lembaga pemerintah yang bertugas meregistrasi karya musik di Indonesia melalui pemberian nomor ISMN (International Standart Music Number).

Selain memberikan penghargaan komponis Indonesia, Perpusnas juga mengadakan Diskusi Musik bertemakan “Pelestarian Karya Musik Indonesia Melalui UU No.4 Tahun 1990 dan International Standart Music Number (ISMN)” bersama narasumber Kepala Perpusnas, pengamat musik Bens Leo, Jamal Mirdad mewakili Komisi X DPR RI dan Irawan Karsenoperwakilan dari Dewan Kesenian Jakarta.

Sebagai lembaga pemerintah non kementerian (LNPK) yang melaksanakan tugas pemerintah di bidang perpustakaan juga berfungsi sebagai perpustakaan deposit, dengan diterbitkannya UU No 4 Tahun 1990 tentang Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam (KCKR) yang mewajibkan bagi penerbit maupun pengusaha rekaman menyerahkan karya cetak maupun karya rekam (hasil terbitan/ rekaman) kepada Perpustakaan Nasioanal RI sebagai perpustakaan deposit.

Musik sebagai karya merupakan salah satu cerminan kebudayaan bangsa yang harus disimpan dan dilestarikan, untuk diwariskan kepada generasi selanjutnya. Bahkan UNESCO mengeluarkan konvensi yaitu tentang kewajiban negara membantu arsip karya rekam musik. (IP-00-KPWIL BTN/JKT)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.