Senin, 13 Maret 2017

Petani Desa Ronggo Jaken Panen Raya

    3/13/2017   No comments

MOKI, PATI – Kelompok Petani Desa Ronggo, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati melakukan panen raya Padi jenis MSP 1 sebagai bentuk keberhasilan menanam benih padi unggulan di wilayah yang kurang pasokan air. Hasil panen tersebut hingga mencapai 1 hektar 13,6 ton, sehingga sangat jauh berbeda dengan panen-panen yang sebelumnya masih belum menggunakan jenis bibit padi ini. Sabtu, 11/3/2017.

Desa Ronggo Jaken merupakan wilayah yang masuk kurang pasokan air dalam menjalan usaha di sektor pertanian, sehingga para petani di wilayah tersebut untuk bercocok tanam padi hanya mengandalkan di musim hujan.

Seperti yang disampaikan oleh salah satu orang petani Desa Ronggo Jaken Darto,"Sawah pertanian Desa Ronggo ini hanya sebagai sawah tanah hujan, jadi petani dalam menanam padi hanya di musim penghujan saja. Hadirnya padi jenis MSP 1 yang menanamannya tidak membutuhan pasokan air yang banyak sangat cocok untuk wilayah pertanian di Desa Ronggo atau bahkan di daerah pegunungan sekaligus. Buktinya setelah kami menggunakan bibit padi jenis MSP 1 ini bisa menikmati panen raya,"jelasnya.

Darto dan kawan-kawannya petani di Desa Ronggo sebelum sudah bergonta-ganti menggunakan bibit padi untuk yang cocok diwilayahnya. Tetapi sering selalu mengalami kegagalan dan mengamai kerugian. Pertama mau menggunakan bibit padi jenis MSP 1 ini juga sangat pesimis untuk berhasil. Tetapi begitu bibit sudah ditanam, perkembangannya sangat baik dan menjanjikan.


“Bibit padi jenis MSP 1 ini hasilnya dua kali lipat dari bibit padi jenis lainnya. Karena satu male untuk jenis MSP 1 bisa mencapai 510 butir, sedang untuk jenis bibit padi lainnya hanya mencapai 130 butir,"imbuhnya.

Dengan bibit padi jenis MSP 1 ini kami bisa panen satu hektar 13,6 ton, dua kali lipat dari hasil panen sebelumnya yang masih menggunakan bibit padi jenis lain. Padi jenis MSP 1 ini juga lebih mudah perawatannya, lanjut Darto.

Kepala Desa Ronggo, Sugandam kepada KabarInvestigasi mengatakan,"Penanaman padi jenis MSP 1 ini memang kami yang prakasai, agar warga Desa Ronggo bisa panen melimpah untuk meningkatkan perekonomian, karena sebelumnya selalu mengalami kegagalan dan kerugian,"katanya.

Penanaman padi jenis MSP 1 lebih hemat tenaga dan biaya perawatan, karena tidak memerlukan pupuk kimia, cukup dengan menggunakan pupuk organik.

Kepala Desa Ronggo Sugandam berharap, memakai bibit padi jenis MSP 1 ini, warganya bisa panen melimpah dan bisa mewujudkan percepatan Swasembada pangan. (Aris)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.