Selasa, 21 Maret 2017

Tingkatkan Pelayanan Publik Aceh Timur Laksanakan Diklat SOP

    3/21/2017   No comments

Sekretaris Daerah Aeh Timur, M. Ikhsan Ahyat, S.STP, M.AP sedang memberikan pengarahan kepada para peserta Diklat Penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP di Aula Gedung SKB Aceh Timur. Selasa (21/3/2017).MOKI/Rusdi Hanafiah
MOKI, IDI. Apapun bentuk pendidikan, Bimbingan Teknis dan pelatihan yang diselenggarakan tentunya mempunyi tujuan dan makna tersendiri bagi para peserta pendidikan, Bimtek atau pelatihan tersebut. Beranjak dari hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Aceh Timur melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, mengadakan Diklat Penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk Lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Timur Tahun 2017 yang bertempat di Aula Gedung SKB Aceh Timur pada Selasa, 21 Maret 2017.

Maksud dan tujuan dari Diklat Penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP)untuk memberikan pedoman bagi seluruh instansi di Lingkunggan Pemerintah Kabupaten Aceh Timur dalam mengidentifikasi, merumuskan, menyusun, mengembangkan, memonitor dan mengevaluasi standar operasional prosedur administrasi pemerintahan sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing instansi, selain itu juga memberikan pemahaman tentang dasar hukum atau panduan pembuatan rancangan standar operasioanl prosedur yang benar dan meningkatkan pemahaman dalam pembuatan penyususnan standar operasional prosedur.

Sementara  manfaat dari Diklat Penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) adalah sebagai standarisasi cara yang dilakukan aparatur dalam menyelesaiakan pekerjaan yang menjadi tugasnya; mengurangi tingkat kesalahan dan kelalaian yang mungkin dilakukan oleh seseorang aoaratur atau pelaksana dalam melaksanakan tugas; meningkatkan efesiensi dan efektifitas pelaksana tugas dan tanggung jawab individual aparatur dan organisasi secara keseluruhan; membantu aparatur menjadi lebih mandiri dan tidak tergantung pada intevensi manajemen, sehingga akan mengurangi keterlibatan pimpinan dalam pelaksanaan proses sehari-hari; meningkatkan akuntabilitas pelaksana tugas; menciptakan ukuran standar kinerja yang akan diberikan aparatur cara kongkrit untuk memperbaiki kinerja serta membatu mengevaluasi usaha yang telah dilakukan dan memastikan pelaksanaan tugas penyelenggaraan pemerintahan dapat berlangsung dalam berbagai situasi. Hal tersebut dikatakan oleh Sekretaris daerah Kabupaten Aceh Timur, M. Ikhsan Ahyat, S.STP, M.AP ketika membuka Diklat Penyususnan Standar Operasional Prosedur (SOP).

Lebih lanjut ia mengatakan, kegiatan Diklat Penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) memerlukan partisipasi penuh dari seluruh unsur aparatur yang ada di dalam institusi pemerintah. Tuntutan partisipasi penih dari seluruh unsur institusi ini dilandasi dengan alasan bahwa pegawailah yang paling tahu kondisi yang ada di tempat kerjanya masing-masing dan yang akan kena langsung dampak dari perubahan tersebut. Oleh karena itu ia mengajak segenap aparatur pemerintah, khususnya para peserta agar tetap memelihara motivasi yang baik dalam penyelenggaraan pemerintahan. Baik buruknya pelayanan yang diberikan oleh aparatur pemerintah kepada masyarakat akan dilihat dan di nilai berdasarkan kepuasan yang diterima oleh masyarakat yang menerima terhadap pelayanan tersebut” pungkasnya.

Sementara itu Kepala melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Drs, Irfan Kamal, M.SI melalui Sekretarisnya T. Didi Farisa, S.STP, M.AP dalam laporannya mengatakan, acara Diklat Penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP)diikuti sebanyak 52 orang peserta yang merupakan Pegawai Negeri Sipil di Lingkunggan Pemerintahan Kabupaten Aceh Timur yang dilaksanakan sejak tanggal 21 sampai dengan 23 Maret 2017 dengan menghadirkan narasumber yakni widyasuara dari   Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) provinsi Aceh dan para pejabat di Lingkunggan Pemerintahan Kabupaten Aceh Timur.(Rusdi Hanafiah).

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.