Rabu, 26 April 2017

Evaluasi Lomba Desa Tingkat Kabupaten Di Desa Lahar

    4/26/2017   No comments

MOKI, PATI-Pemerintah Kabupaten Pati melalui Bapermades melaksanakan Evaluasi Perkembangan Penyelenggaraan Pemerintah Kewilayahan dan Kemasyarakatan melalui lomba desa Tahun 2017 di Desa Lahar, Kecamatan Tlogowungu. Rabu, 26/4/2017. Pukul, 09.00 Wib.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Bapermades Kabupaten Pati Drs. Muhtar, S.IP sebagai Ketua Tim penilaian lomba desa tingkat Kabupaten.

Camat Tlogowungu Drs. Didik Dusdiartono menyampaikan bahwa Desa Lahar masuk nominasi ikut dalam lomba desa tingkat Kabupaten. Hal ini karena Desa Lahar dalam perkembangan terakhir ini sudah banyak berdiri sekolah-sekolah mulai dari Kelompok Bermain sampai Madrasah Aliyah dan beberapa Pondok Pesantren yang bergerak dalam bidang pendisikan keagamaan. Semoga Desa Lahar bisa meraih sebagai juara, tetapi semua diserahkan kepada tim penilaian.

Kepala Desa Lahar H. Setiawan Budhiaji, SE menambahkan, kalau Desa Lahar akan terus berbenah untuk meningkatkan perkembangan desa baik dari segi insfrastruktur maupun sumber daya manusia. Karena, kalau tidak mengikuti perkembangan informasi dan didukung dengan SDM yang baik sebuah desa tidak akan bisa berkembang. Maka itu untuk memajukan sebuah desa perlu adanya dukungan dari semua pihak, baik masyarakatnya yang mau terus belajar dan dukungan Pemerintah dari segi bantuan keuangan.

Ketua Tim Penilai Drs, Muhtar, S.IP mengatakan,"Lomba Desa ini terdiri dari beberapa unsur, diantaranya unsur Pendidikan, unsur Agama, unsur Budaya dan unsur Keamanan,"jelasnya dalam sambutan.

Dalam lomba desa ini akan dibagi menjadi beberapa tema dan substansi yang dikaji dan dianalisis oleh satu bidang pemerintahan desa, kewilayahan dan pemberdayaan masyarakat yang akan ditunjukkan dalam 14 indikator. Bahwa tahapan evaluasi perkembangan desa telah selenggarakan dengan beberapa tahap, evaluasi tingkat kecamatan masing - masing Kecamatan menyampaikan 3 desa yang masuk nominasi. Selanjutnya dari masing-masing Kecamatan yang telah mengajukan 3 nominasi, kita ajukan ke tingkat Kabupaten.

Nomonasi yang diajukan ke tingkat Kabupaten diperoleh 3 desa yang masuk nominasi,  Desa Lahar Kecamatan Tlogowungu yang masuk dalam kategori Desa Cepat Berkembang dengan perolehan 492 poin, Desa Pekalongan Kecamatan Winong masuk dalam kategori Desa Berkembang dengan perolehan 448 poin dan Desa Tendas Kecamatan Tayu masuk dalam kategori Desa Berkembang dengan perolehan 440 poin.

"Ini bukan dan belum hasil final, maka dari itu untuk finalisasi, maka kami akan finalisasikan, data di Ds. Lahar akan kita komparasikan dengan data di Kabupaten, sehingga apa yang kami peroleh Desa Lahar mendapat poin lebih tinggi dibanding data yang masuk di Kabupaten,"kembali Drs. Muhtar, S.IP mengatakan. (Aris)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.