Minggu, 30 April 2017

Penganugerahan Penghargaan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Jakarta Tahun 2017

    4/30/2017   No comments

MOKI, Jakarta - Pengurus daerah Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Jakarta sabtu 29 April 2017 menggelar malam penganugerahan penghargaan IAI jakarta 2017, bertempat di ruang auditorium museum nasional jakarta.

Penghargaan IAI jakarta 2017 merupakan ajang penghargaan tertinggi yang diberikan untuk karya arsitektur yang dirancang oleh anggota IAI dan berlokasi di wilayah dki jakarta. Diselenggarakan pertama kali pada tahun 2006 sebagai acara tiga tahunan, mulai tahun 2017 ini acara penghargaan IAI jakarta akan digelar setiap tahun.

Selain sebagai sarana untuk memberikan penghargaan dan apresiasi, program penghargaan ini bertujuan untuk memberi inspirasi bagi arsitek dan masyarakat luas untuk bekerja sama dalam membentuk kualitas lingkungan hidup manusia yang lebih baik" tutur Steve J. Manahampi " ketua IAI Jakarta usai malam penghargaan di jakarta.

Baik arsitek, masyarakat dan semua pemangku kepentingan terkait, perlu memiliki fokus pada solusi berkelanjutan untuk menjawab tantangan masa kini dan masa depan kota jakarta " ujar Steve " dengan demikian, solusi-solusi yang di hasilkan, termasuk solusi arsitektur, dapat menjadi solusi yang humanis, resilien dan kontributif.

Program penghargaan IAI jakarta 2017 ini turut mendukung peran arsitektur di indonesia sebagai salah satu subsektor ekonomi kreatif yang sangat penting dalam pengembangan industri nasional menuju knowledge-based economy dan di kelola oleh badan ekonomi kreatif (BEKRAF) indonesia. 

Karya-karya penerima anugerah penghargaan dan apresiasi dalam program penghargaan IAI jakarta di harap kan bisa memberikan inspirasi sebagai produk arsitektur dan ruang-ruang lingkungan hidup yang resilien, inklusif, berkelanjutan, memiliki karakter budaya dan kearifan lokal yang kuat.

IAI jakarta dalam program-programnya juga akan terus gencar melakukan sosialisasi tentang arsitektur jakarta dan indonesia, untuk membantu menjawab tentang utama arsitek indonesia yaitu kurang nya tenaga arsitek, yang berdasarkan data terakhir hanya jumlah 15 ribu orang, serta masih kurang kepercayaan para pengembang besar terhadap jasa arsitek lokal. Salah satunya adalah dengan mengangkat para penerima anugerah penghargaan mulai tahun 2017 ini menjadi duta IAI jakarta.

Para duta IAI jakarta 2017 akan di libatkan dalam berbagai aktifitas strategi IAI jakarta sampai dengan malam program penghargaan di tahun 2018. Mereka berperan menjadi perpanjangan IAI jakarta untuk turut meningkatkan dan memacu semangat berkarya, memberi inspirasi, dan sebagai tolak ukur perkembangan arsitektur dan inovasi dal arsitektur.

"Kami berterima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung program IAI jakarta selama ini. Kedepannya kami bersama para duta IAI jakarta 2017 ingin untuk terus aktif member inspirasi dan melibatkan masyarakat dalam memajukan arsitektur di jakarta maupun indonesia, dan mendukung perkembangan ekonomi kreatif indonesia" tutup Stevanus.

- Kategori bangunan hunian
Penerima anugerah penghargaan: Omah Architecture Libary
Arsitek: Realrich Sjarief, IAI - RAW Architecture. 
Kategori Bangunan Komersial penerima anugerah penghargaan kehormatan, kantor lembaga kebijakan pengadaan jasa pemerintah
Arsitek: Ardi Jahya, IAI-PT. Air Mas Asri. 
- Kategori bangunan konservasi
Penerima anugerah penghargaan: Olveh 1879
Arsitek: Bot Bhirawa, IAI-Bhirawa Architects. 
- Kategori bangunan fasilitas khusus
Penerima anugerah penghargaan: tidak ada. 
- Kategori apresiasi pemikiran/ penulisan arsitektur
Penerima apresiasi: 
Peter Yogan Gandakusuma dan Murni Khuarizmi Hasan (karya : Stensil Arsitektur) 
Wita Simatupang, Shabrina Ramadhani dan Sandrak Manurung (karya : SA'O Pusaka Pemersatu). 
- Kategori apresiasi pameran arsitektur
Penerima apresiasi: Pemeran Titik Awal (oleh Realrich Sjarief-IAI) 
Pameran Koriwai, Papua (oleh Himpunan mahasiswa arsitektur universitas indonesia).
- Kategori apresiasi jasa & mitra
Penerima apresiasi: Veronica Tan, Goenawan Mohamad, Pusat Dokumentasi Arstektur (PDA), Danny Wicaksono
Kategori Gold Medal
Penerima gold medal: Adhie Moersid, IAI. (YUS-01-JKT).

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.