Sabtu, 22 April 2017

Rapat Evaluasi Pilkada Pati Tahun 2017 Bersama Bawaslu Jateng

    4/22/2017   No comments

MOKI, PATI-Pemerintah Daerah Kabupaten Pati mengadakan Rapat Kordinasi bersama Bawaslu Provinsi Jawa Tengah berserta Institusi terkait membahas Evaluasi Eksternal Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2017 diruang Rapat Pragola Setda Kabupaten Pati. Sabtu, 22/4/2017. Pukul, 08.30 Wib.
 
Hadir dalam Rakor tersebut Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Tengah Abhan, SH beserta Komisioner Bawaslu Dr. H. Teguh Purnomo, SH. M.Hum. MKn, Ketua KPU Kabupaten Pati Moch. Nasich, S.SI, Panwas Kabupaten Pati Achwan, Unsur Muspika dan Forkopinda Kabupaten Pati.

Ketua Bawaslu Jawa Tengah Abhan, SH menyampaikan bahwa evaluasi pelaksanaan Pilkada Kabupaten Pati ini agar pelaksanaan Pilkada kedepan bisa lebih baik. Ternyata pelaksanaan Pilkada dengan calon tunggal lebih sulit daripada dua calon atau lebih. Dari evaluasi ini akan menjadi acuan untuk memperbaiki aspek mana yang perlu diperbaiki. Kesadaran masyarakat Kabupaten Pati dalam melaksanakan pesta demokrasi sudah sangat cukup baik dilihat dari jumlah kehadiran pemilih ke tempat bilik suara. Cuma masih ada beberapa persoalan yang masih jadi catatan diantaranya, aspek data pemilih, penyalahgunaan wewenang dan Money Politik. Tetapi persoalan Money Politik dari aspek hukum sangat sulit pembuktiannya.

Direkomendasikan dalam pelaksanaan Pilkada kedepan agar ada sanksi tegas terhadap Pasangan Calon yang yang melakukan pelanggaran, berupa sanksi administrasi sampai sanksi diskualifikasi agar membuat efek jera. Maka diperlukan sinergitas antara Gak Kumdu, Elemen masyarakat dan Stake Holder untuk melakukan pengawasan demokrasi.

Komisioner Bawasl;u Provinsi Jawa Tengah Teguh Purnomo, SH. M.Hum menambahkan, ada permasalahan yang sangat unik dalam pelaksanaan Pilkada Kabupaten Pati Tahun 2017 yaitu, adanya kontra dari relawan kelompok kotak kosong, sedangkan status kelompok relawan kotak kosong dalam melawan pasangan calon belum diatur dalam undang-undang dan belum ada rujukannya. Harapan kita pelaksanaan pemilihan Gubenur kedepan dapat berlangsung lancar dengan adanya evaluasi pelaksanaan Pilkada kali ini. (Aris)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.