Rabu, 12 April 2017

Ujian Nasional Berbasis Komputer Timbulkan Masalah Baru

    4/12/2017   No comments

Kepala SMPIT Utsman Bin Affan Juwana Kiswanto
MOKI, PATI-Menjelang pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tahun 2017 tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) timbul permasalahan baru. Pasalnya, banyak SMP/SMK “Numpang Ujian" di SMA/SMK terdekat yang sudah standar memiliki sarana dan prasarana lengkap. Masalah baru tersebut terkait dengan biaya Pra Ujian dan pada saat pelaksanaan UNBK.

Seperti di ketahui biaya pelaksanaan UNBK tidak boleh diambilkan dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Di samping itu, Sekolah pelaksana tidak boleh memungut dari orang tua. Besaran biaya juga tidak diatur dalam peraturan Menteri Pendidikan atau sejenisnya. Sehingga ini memicu perbedaan nominal di masing-masing lembaga.

"Menurut hemat saya seharusnya pemerintah mengatur segala hal terkait evaluasi belajar anak-anak. Negara harus hadir karena ini menyangkut hajat hidup jutaan anak sebagai generasi bangsa,"uangkap Kepala SMPIT Utsman Bin Affan Juwana Kiswanto. 

Lebih lanjut Kiswanto berharap agar tahun depan persiapan UNBK lebih baik dari sekarang dan Pemerintah dalam hal ini Kemendikbud harus mengeluarkan peraturan yang jelas tentang biaya pelaksanaan UNBK.(Aris)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.