Jumat, 28 April 2017

Warga Baduy, Segera Jalani Ritual Seba Di Kantor Gubernur Banten

    4/28/2017   No comments

MOKI, BANTEN - Sebanyak 2.000 warga Baduy luar dan dalam di Desa Kanekes, Kecamatan Luwidamar, Kabupaten Lebak Banten, akan melaksanakan ritual Seba Baduy yang akan dimulai Jumat 28 hingga minggu 30 April 2017 mendatang. 2.000 warga Baduy tahun ini akan mengikuti Seba Baduy, nantinya prosesi akan diawali di Kabupaten Lebak dan dilanjutkan ke Provinsi, (Banten). 

Kepala Dinas Pariwisata Banten Eneng Nurcahyati di Serang Banten kemarin mengatakan,"Nantinya warga baduy luar akan menggunakan kendaraan, sedangkan warga Baduy dalam masih tetap mempertahankan tradisi dengan berjalan kaki sambil membawa hasil bumi ke Kantor Bupati Lebak dan dilanjutkan ke Pendopo Provinsi Banten. Perjalanan sepanjang 115 Kilometer akan ditempuh demi bertemu dan menjalankan tradisi turun menurun dari para leluhur mereka juga sebagai tujuan wisatawan lokal dan mancanegara, karena perayaan Seba Baduy sangat unik dan turun menurun dari para leluhurnya," ungkapnya. 

Ritual Seba yang digelar setiap tahun ini sebagai ungkapan rasa syukur atas limpahan rezeki dan berbagi hasil bumi dengan Ibu Alit (Bupati Lebak Iti Octaviani) dan Bapak Gede (Pejabat Gubernur Banten Nata Irawan).
"Dalam perayaan seba itu, mereka antara lain menyerahkan hasil bumi seperti beras ketan, pisang, gula aren, petai, dan buah-buahan lainnya. Selain itu, Seba Baduy juga sebagai ajang curhat warga Baduy dengan kepala daerah terkait persoalan yang ada, sehingga ditindak lanjuti oleh pemerintah. Penyambutan akan kita lakukan dengan menyiapkan hiburan semalam suntuk seperti, pagelaran wayang di pendopo lama gubernur banten,"jelas Eneng kemarin. (DH-01-BTN. 28/04/2017)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.