Minggu, 28 Mei 2017

4 Unit Kapal Dipersiapkan Pada Angkutan Lebaran Kota Sabang

    5/28/2017   No comments

Acara Telecon Ference dengan Menhub yang dilaksanakan di Aula Kantor Distrik Navigasi Kelas II Sabang, Jumat (26/05-17)
MOKI, Sabang-Sebanyak 4 (empat) unit kapal dipersiapkan untuk angkutan lebaran dari Pelabuhan Balohan menuju Pelabuhan Ulhee Lheuee. Demikian dikatakan oleh KSOP Kota Sabang Eko Pangudi, ketika menghadiri acara Telecon Ference dengan Mentri Perhubungan Sumadi, di Kantor Distrik Navigasi Kelas II Sabang. Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Distrik Navigasi Capt. Hidayat M.Mar, para Pejabat Structural dan Staf di lingkungan Disnav Sabang serta staf dari KSOP Sabang, jumat (26/05-17) siang.

Acara Telecon Ference dengan Mentri Perhubungan RI Sumadi adalah tentang Persiapan Angkutan Lebaran Tahun 2017, dan dialog tersebut dipusatkan pada 27 Kantor Distrik Navigasi yang ada di seluruh Indonesia. Menteri Perhubungan mempertanyakan mengenai persiapan di masing masing wilayah kerja dan dapat melaporkan apa saja kendala yang terjadi.

Persiapan angkutan lebaran di Mearuke dilaporkan oleh KSOP bahwa 98 % telah rampung dan jumlah armada kapal yang dipersiapkan dari ASDP dan Pelni. Begitu juga angkutan lebaran di Benoa Bali telah siap, Bitung, Semarang, dan seluruh angkutan lebaran melalui pelayaran telah siap hingga mencapai 90 %. 

Mentri Perhubungan Sumadi pada amanatnya di telecon ference mengatakan, diharapkan kepada keseluruh personil dilingkungan kemenhub agar melakukan koordinasi dengan pihak TNI – Polri, Pemda, DPR, Kesehatan, Kominfo dan pihak-pihak yang terkait, ujarnya.

Ditegaskannya bahwa, Sefti merupakan sebuah keharusan yang akan kita lakukan, oleh karena itu lakukan upaya yang tepat dan khususnya untuk angkutan laut, lakukan upaya agar kapasitas muatan penumpang tidak akan lebih dari pada kapasitasnya.

Begitu juga bagi skuriti, terminal, bandara, lakukan pengecekan bagi penumpang-penumpang yang akan datang. Dalam wilayahnya lakukan layanan yang sebaik-baiknya dan selalu stand by dalam tugas-tugasnya dalam wilayah kerjannya. Dan yang terakhir saya ucapkan ‘ Selamat Berpuasa “ bagi yang berpuasa dan selamat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya bagi yang tidak menjalankan puasa, tukas Menhub Sumadi.     

KSOP Sabang Eko Pangudi, disela acara telecom ference ketika ditemui Wapemred MOKI menjelaskan bahwa, pada angkutan lebaran tahun 2017 telah dipersiapkan 4 armada kapal yang terdiri dari 1 kapal Roro dan 3 kapal cepat. Untuk jenis kapal roro kapasitas penumpangnya berjumlah 340 orang, dan kapal cepat Ekspres Bahari 2 daya angkut penumpang  600 orang, kapal cepat ekspres 8 F 364 orang, dan kapal cepat Ekspres Cantika daya angkutnya 233 orang, ujarnya.

Trayek masing-masing kapal baik kapal roro maupun kapal cepat, tergantung dari pada kebutuhan, apabila terjadi lonjakan penumpang yang tidak terduga maka trayek akan ditambah.
Tetapi yang jelas, saat jelang beberapa hari lagi lebaran maka arus penumpang akan bertambah secara signifikan yang akan berkunjung ke kota sabang.

Tingginya arus kunjungan wisata menuju ke sabang, tidak lain karena kota Sabang merupakan salah satu kota Parawisata yang ada di Aceh dan Kota Perbatasan ujung barat Indonesia dengan Tugu Nol Kilo meternya. Namun demikian, sesuai dengan instruksi dari Mentri Perhubungan bahwa jumlah penumpang baik itu di kapal roro maupun kapal cepat, tidak boleh melebihi kapasitasnya dan yang paling diutamakan adalah keselamatan pelayaran.   

Dikatakan juga, Posko ada di Pemda Sabang dan kami akan upayakan berkerjasama dengan Pemda Sabang, TNI, Polri dan instansi terkait lainnya. Selanjutnya harapan kami kepada para pengguna jasa angkutan laut agar dapat tertib, baik itu ketika melakukan antrian pembelian tiket maupun antrian masuk dan natrian kendaraan. Hal ini agar terciptanya keamanan, kenyamanan dan keselamatan pelayaran, pungkas Eko Pangudi. (Wapemred

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.