Senin, 29 Mei 2017

Terlanjur Marak Beredar, Pertamini Ternyata ilegal.

    5/29/2017   No comments

MOKI, Sumenep-Maraknya Pertamini di Kabupaten Sumenep madura jawa timur Tenyata Pemerintah Setempat sampai saat ini Belum pernah mengeluarkan Izin Oprasional BBM kepada para pengelola pertamini.

Menjamurnya Operasional Pertamini kepelosok pelosok desa sangat mencekik masyarakat pedagang Bensin Eceran, Yang sudah lama beroprasi. Saat ini satu kecamatan daratan terdapat lebih dari lima pengelola Pertamini, yang seolah olah sudah di legalkan oleh pemerintah Daerah.

Kabag Perekonomian Setkab Sumenep Mengatakan, Banyak Pom Mini (Pertamini) di Kabupaten Sumenep Sampai saat ini tidak mengantongi izin dari pemerintah daerah,

"Sapai saat ini maraknya pendistribusian BBM Pertamini kepada konsumen itu tanpa payung hukum yang jelas dan pendistribusian BBM melalui pertamini tersebut ilegal," kata Mustain. Mantan Camat Garupa.

Menurutnya.Dengan sejumlah pengecer bensin untuk mendapatkan BBM di SPBU harus mendapatkan surat rekomendasi dari Pemerintah Daerah.

”Sampai saat ini belum ada payung hukumnya, bahkan pemerintah daerah tidak pernah satupun mengeluarkan izin, baik izin operasional maupun IMB (izin mendirikan bangunan),” katanya

Lanjut Mustain tidak dikeluarkannya izin oleh Pemerintah Daerah itu karena regulasi dari atas belum ada yang mengatur, baik Undang-undang, Peraturan Pemerintah, maupun dari Pertamina,"jelasnya

Ia menambahkan, Dengan menjamurnya Pertamini secara tidak langsung, berpotensi mematikan pengecer bensin botolan yang telah lama beroperasi. Sebab, banyak pengecer selama ini yang tidak mendapatkan premium di SPBU.

Kendati demikian  karena pihak SPBU telah menjual bensin kepada pengelola Pertamini.

Selain itu, yang biasanya pengendara lebih memilih membeli bensin diplosok, namun saat ini pengendara lebih memilih membeli BBM di pertamini. Alasannya, karena lebih mudah terjangkau.

”Kami sudah duduk bersama, baik pengelola SPBU maupun Pertamina. Kenapa SPBU jor-joran menjual BBM kepada Pertamini, karena SPBU belum tahu dan Pertamini diangap sudah punya izin dari Pihak terkait, padahal tidak,” pungkasnya. (Sr)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.