Kamis, 22 Juni 2017

Dandim 0112/Sabang Letkol Czi. Kholid Firdaus ; Mari Kita jaga Bersama Asset Alam di Kota Sabang

    6/22/2017   No comments

MOKI, Sabang-Komandan Distrik Militer 0112/Sabang Letkol Czi. Kholid Firdaus SE mengadakan berbuka puasa bersama dengan Mitra kerja Kodim 0112/Sabang, di Guest House Jl. O. Soerapati Gampong Kuta Ateh Kecamatan Sukakarya Kota Sabang, Selasa (20/06-17) malam.

Sebagai Komandan Kodim 0112/Sabang dan bekerja dibawah Korem 012/Teuku Umar (TU) yang juga merupakan bagian dari sebahagian Kodam Iskandar Muda (IM) Aceh, mengadakan berbuka puasa bersama sekaligus bersilaturahmi dengan Mitra Kerja Kodim 0112/Sabang.

Tujuan berbuka puasa bersama ini adalah untuk mempererat silaturahmi dengan Mitra Kerja Kodim, dan sekaligus yang menjelaskan tentang Wawasan Kebangsaan. Dimana sebelum saya menjelaskan tentang wawasan kebangsaan maka, terlebih dahulu kita akan jelaskan bahwa apa tugas dan fungsi Kodim itu sebenarnya, demikian dikatakan oleh Dandim 0112/Sabang selepas acara berbuka puasa kepada Wapemred MOKI.




Dikatakan, Komando Teritorial itu seperti apa !, dan itu kita dapat melihatnya diawali dari UUD 1945 pasal 30 yang menyebutkan bahwa, setiap warga Negara wajib dan berhak didalam membela Negara. Disilah menunjukkan bahwa TNI adalah berasal dari rakyat dan bersama rakyat dalam mewujudkan pasal tersebut.

“Setiap warga Negara berhak dan wajib ikut serta dalam membela Negara, jadi Kodim melaksanakan silaturahmi ini adalah untuk mengakomodir regulas yang ada dari UUD 1945 dalam mewujudkan Ketahanan Nasional “, katanya.

Lebih lanjut Dandim menjelaskan bahwa, Ketahanan Nasional itu dimulai dari Ketahanan Ideologi, Ekonomi, Politik, Sosial, Kebudayaan, Pertahanan dan Keamanan itu sendiri. Yang menyangkut ruang lingkup ketahanan Negara dan keamanan Negara itu cukup luas, oleh karena itu salah satu bentuk wujud dari Wawasan Kebangsaan adalah, agar semua elemen mulai dari rakyat dan TNI (sebagai anak rakyat yang beribu kandung rakyat) akan mengajak bersama-sama menjaga Ketahan dan Keamanan Negara, ujar Dandim

Letkol Czi. Kholid Firdaus juga menerangkan, yang paling terpenting lagi kita jaga bersama adalah Asset kekayaan Alam yang ada dari pulau terluar, Kota paling ujung Barat batas wilayah Indonesia. Karena cukup banyak asset yang dimiliki oleh Kota Sabang (Pulau Weh) diantaranya, Nol Kilometer, Kekayaan laut, kekayaan Maritim dan Kebudayaan.

“Untuk mewujudkan Ketahanan Nasional yang seutuhnya dari Sabang sampai Meuroke, maka perlu kita jaga secara bersama-sama adalah asset yang kita miliki sekarang ini “.

Salah satu aseet yang tidak kalah pentingnya dan harus kita jaga bersama-sama adalah adalah kekayaan akan kebudayaan. Aspek kebudayaan ini sangat perlu kita perkuat dan jaga bersama, karena itu merupakan kebangaan bagi masyarakat setempat. Oleh karena itu, mengenai asset kekayaan yang ada di Pulau Weh Kota Sabang, hendaknya kita ceriterakan kepada para anak sekolah malai dari usia dini hingga ke tingkat universitas.

Tujuannya adalah agar mereka sebagai generasi penerus bangsa akan dapat mengingat dan menjaga asset Alam yang ada dimiliki oleh daerah setempat khususnya Kota Sabang Kota Paling ujung Barat batas Wilayah Republik Indonesia, pungkas Dandim 0112/Sabang. (Wapemred)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.