Jumat, 28 Juli 2017

Hebat... Ternyata Air Garam Bisa Menghasilkan Cahaya

    7/28/2017   No comments

MOKI,  Sumenep - Biasanya Air Asin di butuhkan untuk membuat produksi Garam,  Tapi kali ini ada trobosan baru, Air Asin bisa menghasilkan cahaya lampu sebagai energi penerangan, yang di lakukan. Oleh mahasiswa dari Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Bangkalan, dalam uji coba di area pegaraman Desa Nambakor Kecamatan Saronggi Sumenep Madura Jawa Timur, Jum'at 28/7/17.

Terobosan baru tersebut,  diciptakan oleh mahasiswa dari salah satu universitas negeri di pulau Madura, (UTM) untuk penerangan menangkap ikan dan udang di tambak.



Salah satu Mahasiswa Dwi Andika, menjelaskan terobosan ini sangat cocok digunakan oleh petambak untuk penetangan penangkapan ikan. Karena, selain praktis tampa menyambung kabel ke PLN, pembuatannyapun mudah dan sederhana,"terangnya.

Ia menjelaskan bahan  pembuatan lampu bertenaga air asin, atau garam ini, bakunya berupa kapas atau tisu, seng bekas botol minuman, kawat tembaga, lampu led dan air laut atau garam. “Seng bekas minuman dipotong kecil-kecil, lalu dibalut tisue berfungsi penyerap air laut atau garam,” Terang Andika panggilan akrapnya, Jum’at (28/07/2017).

Sementara, lanjutnya, untuk proses pembuatannya, Seng bekas minuman dipotong kecil-kecil, lalu dibalut tisue. Kemudian, gulungan seng dan tisu tersebut, dililitkan kawat tembaga sebagai penghantar energi.

Bahan-bahan itupun, disambungkan hingga menyerupai kumparan, lalu direndam pada air garam sebagai bahan baku energinya. Sambung andika, usai direndam ke air garam, rangkaian disambungkan ke kutup lampu,”Hasilnya lampu LED akan menyala,”paparnya.

Hasil Terobosan mahasiswa itu, mendapat Apreseasi Petambak, salah satunya Prayang  Alwidin Warga Desa Nambakor bahwa menurutnya, awalnya petambak menggunakan batre dan minyak tanah untuk penerangan penangkapan ikan.

Namun, dengan adanya penemuan ini, nantinya akan dimanfaatkan oleh para petambak di daerah setempat.”Pemenuan ini kami rasa lebih hemat mas, tinggal kami merangkai dan diberi air asin sudah dapat menyala lampu ini sangat bermanfaat  sekali,” pungksnya. (Sr)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.