Minggu, 20 Agustus 2017

DPR RI Fraksi P. Golkar Firman Soebagyo Sesalkan Pemasangan Bendera Indonesia Terbalik Di Buku Panduan Sea Games XXIX/2017

    8/20/2017   No comments

MOKI, Jakarta-Anggota DPR Firman Soebagyo menyesalkan terjadinya kesalahan dalam pemuatan gambar bendera Indonesia terbalik yang termuat dalam buku panduan SEA Games XXIX/2017, Kuala Lumpur, Malaysia.

"Tragedi warna bendera merah putih bendera yang terbalik adalah merupakan sebuah kecerobohan bagi penyelenggaraan SEA Games di Malysia tidak mudah dimaafkan begitu saja," kata Firman kepada awak media, Minggu (20/8/2017).



Politikus Golkar menilai ada unsur kesengajaan dilakukan pihak penyelenggara SEA Games di Malaysia atas insiden bendera Indonesia dan terbalik dan sudah seyogyanya pemerintah segera melakukan reaksi keras dengan mengirimkan nota protes.

"Insiden terbaliknya bendera bisa dimaknai ada unsur kesengajaan karena selama ini sudah beberapa kali Malaysia sering melakukan tindakan serta perbuatan pelecehan kepada Indonesia dengan cara apa pun," sesal Firman.



Menurut Firman, tentunya kejadian ini sudah menjadi sorotan dunia internasional karena hal ini dilakukan pasca Indonesia merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-72. Untuk itu sudah sepantasnya Malaysia segera mengklarifikasi dan meminta maaf kepada pemerintah Indonesia.

"Ini sudah menjadi sorotan dunia luar, apalagi ini terjadi dalam sebuah ajang pesta olahraga dan disaat kita sedang dalam moment hari Kemerdekaan Indonesia. Karena itu sepantasnya Malaysia seegera meminta maaf," tegasnya.



Diketahui, Dalam buku bertajuk, souvenir special, yang dibagikan kepada tamu undangan, termasuk Menpora Imam Nahrawi saat upacara pembukaan pesta olahraga bangsa Asia Tenggara yang digelar di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Sabtu (19/08/2017), terlihat benar keteledoran panitia pelaksana SEA Games 2017.

Di halaman ke-80 dalam buku tersebut, bendera merah putih Indonesia tercetak terbalik, yakni menjadi putih merah. Posisi itu bersebelahan dengan bendera Malaysia.



Bendera Indonesia yang tercetak terbalik ini sebenarnya untuk menandakan negara yang sudah menjadi tuan rumah SEA Games.

Di bawah bendera tersebut terpampang jelas tahun ketika Indonesia menjadi tuan rumah SEA Games yaitu 1979, 1987, 1997 dan 2011.



Kesalahan mencetak bendera hanya terjadi pada Indonesia. Sementara itu, bendera 10 negara peserta SEA Games lainnya tercetak dengan benar. (Aris/tigapilarnews.com)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.