Kamis, 17 Agustus 2017

HUT RI Ke-72, SMAN 1 Sumenep Terima Cindra Mata Dari DANDIM 0827 Sumenep

    8/17/2017   No comments

MOKI, Sumenep-SMAN 1 Sumenep Menerina Penghargaan Cindra Mata Dari DANDIM 0827 Sumenep Madura, Jawa Timur Atas Prestasi Penampilan Drama Kolosal  HTU RI Ke-72. Kamis (17/8/17)

Cindra Mata tersebut di berikan langsung Komandan Kodim 0827 Sumenep Letkol Inf. Budi Santosa kepada Kepala SMAN, 1 Sumenep,  Drs. Samsul Arifin.

 Pertunjukan drama tersebut dilakukan setelah upacara detik-detik kemerdekaan sudah selesai dan bendera merah putih sudah berkibar di ujung tiang.




Berdasarkan pantauan di lokasi, drama kolosal hasil kolaborasi antara angkatan darat dan para siswa SMANSA tersebut berkisah tentang perjuangan para pahlawan dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan, khususnya di wilayah Madura. Dengan mengambil tema Rasimen Jokotole, TNI bersama para siswa menggambarkan situasi ketika terjadi penyerahan kekuasaan dari Jepang dan perjuangan mempertahankan kemerdekaan dari bombardir sekutu, termasuk pertempuran yang terjadi di pelabuhan Kamal.

Komandan Kodim 0827 Sumenep, Letkol Inf. Budi Santosa, mengatakan, pihaknya sangat mengapreseasi Siswa Smansa yang  sangat bagus membawakan Drama Kolosal perjuangan.




"Saya Apresiasi Siswa Smansa dalam membawakan drama kolosal, "paparya.

Pihaknya sengaja menampilkan drama kolosal tersebut untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang sulitnya perjuangan para pahlawan untuk mewujudkan kemerdekaan.

“Kita ingin memberikan pengetahuan dan menggambarkan kepada masyarakat tentang sulitnya para pejuang, para ulama dan para santri dalam memperjuangkan kemerdekaan, khususnya yang ada di Madura,” kata Komandan Kodim 0827 Sumenep, Letkol Inf. Budi Santosa, Kamis (17/8/2017).




Ia menjelaskan, drama kolosal yang ditampilkan dalam upacara kemerdekaan tersebut diolah dan didasarkan pada catatan sejarah dan hasil koordinasi dengan pemerintah daerah. Selain itu, drama tersebut juga disesuaikan dengan catatan sejarah yang ada di Makodim untuk semakin menggambarkan situasi yang ada.

“Untuk data-data yang ditampilkan, kita mengambil dari catatan sejarah yang ada dan koordinasi dengan kepala daerah. Selain itu kita juga mempunyai catatan sejarah yang kita simpan,” ungkapnya.

Ia berharap, dengan adanya pertunjukan drama kolosal tentang perjuangan pahlawan dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan ini dapat meningkatkan dan menanamkan rasa cinta kepada tanah air, khususnya bagi para generasi muda.




“Kemerdekaan yang kita rasakan hari ini merupakan hasil pengorbanan dan perjuangan para pahlawan,” imbuhnya.

Terpisah, Kasek SMAN 1 Sumenep Drs, Samsul Arifin Menyampaikan Rasa Syukur Alhamdulillah Siswa SMANSA mendapat cindra mata dari DANDIM 0827 Sumenep Dalam Penampilan Drama Kolosal  perjuangan dengan Tema Rasimen Jokotole.

" Ini merupakan Salah satu upaya Siswa Smansa ikut andil memeriahkan HUT RI ke-72," terangnya.




Menurutnya Siswa SMAN 1 Sumenep di pilih oleh Dandim dalam penampilan drama, karena siswa Smansa Pernah meraih juara 2 Drama Tingkat provinsi Jawa Timur. Kedepan pihaknya akan terus mengembangkan prestasi baik Akademik maupun non Akademik,"tukasnya.(sr)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.