Jumat, 11 Agustus 2017

Pemkab Sumenep Raih Penghargaan Senapati Nusantara Award

    8/11/2017   No comments

MOKI, Sumenep-Pemerintah Kab Sumenep Madura Jawa Timur Raih Penghargaan Senapati Nusantara Award.Sebagai kota Keris.

Penghargaan tersebut di serahkan langsung  okeh Ir. Hasto Kristiyanto.MM Sekjen Serikat Nasional Pelestari Tosan Aji (Nusantara Senapati Award) kepada Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, MSi. Sebagai Kota Keris Dan Wakil bupati Sumenep, Achmad Fauzi sebagai Tokoh Keris
bertempat dipendopo Agung Keraton Sumenep, pada Jum’at siang (11/ 08/ 2017)



Ir. Hasto Kristiyanto, MM. menyampaikan, keris merupakan daya cipta yang adiluhung dan keris tidak bisa dihasilkan tanpa roso (rasa).

“Sumenep sebagai penghasil keris yang bagus dan memiliki ratusan empu yang luar biasa. Bahkan keris dari Sumenep di ekspor keluar Negeri Seperti Malasyia, Brunei dan Belanda,” papar Hasto.sapaanya.



Ia menambahkan, Sumenep menyimpan tradisi sejarah yang luar biasa. Bahkan dia mendapat laporan ada sekitar 6.000 keris diproduksi setiap bulan sebagai mahakarya kebudayaan yang luar biasa.

“ini harus di pertahankan dan ditingkatkan, dan menjadi energi kita untuk menguatkan tradisi budaya kita. Supaya kita berpribadian dalam kebudayaan,”ujarnya.



Mengingat kepedulian itulah, Senapati Nusantara memberi apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Sumenep yang memberikan kepedulian terhadap produk budaya Indonesia.

Sementara, Bupati Sumenep menyampaikan, Dengan di raihnya penghargaan  itu akan mendorong pihaknya untuk terus ikut membina pengrajin dan melestarikan keris sebagai karya budaya bangsa.



“Penghargaan ini membangkitkan Sumenep agar pengrajin keris lebih menghargai apa yang telah dimiliki. Sebab keris ini salah satu potensi yang luar biasa di Sumenep,” ujar Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, MSi.

Seusai menyerahkan award, Hasto melihat secara langsung proses pembakaran logam yang menjadi materi dasar keris.
Diapun didapuk untuk menempa logam yang sedang membara itu. (Sr)



Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.