Jumat, 04 Agustus 2017

Warga Desa Karanganyar dan Desa Pinggir papas Rayakan Nyadar

    8/04/2017   No comments

MOKI, Sumenep-Warga Desa Karanganyar dan Desa Pinggir papas kecamatan Kalianget Sumenep, Madura, Jawa Timur, rayakan perayaan nyader pertama ke asta Syeh Angga Suto, Desa Kebun Dadap barat kec.Saronggi, Jum'at (4/08/2017)

Nyadar  merupakan Hol Syekh Anggasuto, yang di rayakan oleh warga Desa Karanganyar dan Pinggir papas,   Untuk menghargai jasa dari beliau (Syekh Anggasuto)  yang telah mengajari cara membuat garam.

Kedatangan warga karanganyar dan pinggir papas itu hanya Berziarah dan berdo'a bersama ke Asta Syekh Anggasuto dan kerabatnya.



Menurut Abdurahman warga setempat, mengungkapkan bahwa budaya Nyader atau Houl Syeh Angga Suto diperingati satu tahun dua kali oleh warga desa Pinggir Papas dan warga desa Karanganyar khususnya.

"Syeh Angga Suto adalah pelopor pembuat garam pertamakali di lingkungan sini, yang sampai saat ini warga setempat menikmati hasil tani garam," jelasnya. Kamis sore (4/8/17) usai Melaksanakan Ziarah.

"Di acara ini tidak hanya warga Pinggir Papas dan warga Karanganyar yang datang ke asta syeh Angga Suto, bisa dilihat sendiri pengunjung juga banyak dari berbagai desa,"imbuhnya.

Dari pantauan Media olene Kabar Investigasi di tempat juga  nampak hadir di acara tersebut Pramuka Siswa SMAN 1 Batuan Sumenep.

Seorang Guru Pramuka SMAN 1 Batuan, Marsuki asal warga desa Pinggir  papas, menyampaikan,  Pihaknya Sengaja memabawa Siswa pramuka  ke Nyadar untuk memupuk rasa peduli terhadap budaya Sumenep.

"Kami bersama siswa Pramuka ke 'Nyadar" ingin memupuk rasa peduli terhadap budaya  Sumenep,  salah satunya Budaya  Nyadar ini. Biar siswa tahu apa itu "Nyadar," tukasnya. (Sr)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.