Jumat, 15 September 2017

Bupati Sumenep, Hati Hati Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa ( ADD) Dalam Didikan KPK

    9/15/2017   No comments

MOKI, Sumenep - Miliyaran Dana desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) yang di kucurkan oleh pemerintah pusat ke semua kepala desa saat ini jadi pengawasan serius Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK)  oleh karena itu Bupati Sumenep, Madura, DR. A. Busyro Karim menekankan kepada semua kepala desa, se kabupaten  Sumenep,  agar hati-hati dalam merealisasikan proyek yang dibiayai pemerintah melalui dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD).



Sebab proyek tersebut saat ini, dalam Bidikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Saya ingatkan kepada semua pemangku kebijakan, agar tidak main-main dalam pengelolaan dana desa. Karena proyek Miliyaran tersebut dalam pengawasan penegak hukum termasuk KPK," kata Bupati Sumenep A Busyro Karim, Jumat (15/9/2017).

Menurutnya, pengawasan tersebut dilakukan para penegak hukum, agar pembangunan ditingkat desa trealisasi dengan maksimal.



Apalagi, realisasi anggaran yang dikucurkan pemerintah ke desa, setiap tahun terus bertambah,"Imbuhnya.

Dikatakan, Tahun ini DD dan ADD mencapai Rp300 miliar lebih, rinciannya untuk anggaran ADD mencapai Rp123.956.142.398 dan anggaran DD Rp271.773.005.000. Anggaran tersebut mengalami peningkatan daru  tahun 2016 yang hanya sebesar Rp336.904.292.398.

"Dengan besarnya aggaran itu di harapkan terrealisasi dengan baik, sehingga masyarakat bisa merasakan," jelasnya.



Lanjut orang nomer satu itu,  demi memaksimalkan pengelolaan DD-ADD kedepan, pemerintah daerah akan menggunakan aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes).

"Sudah kami siapkan, jadi semua perangkat desa wajib tahu," Terangnya.

Ia menambahkan, mulai tahun ini semua operator desa akan diikutkan pelatihan. Mulai dari cara menyusun RKPdes, APBDes dan pembangunan dan kegiatan pemberdayaan masyarakat di desa.



"Nanti setiap perangkat desa wajib tahu dan wajib dilatih untuk tahu cara mengoperasikan aplikasi Siskeudes," tutupnya. (sr)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.