Jumat, 01 September 2017

Kapal MV. PANORMITIS. AV, Rusak Mesin Di Perairan Sabang

    9/01/2017   No comments

Gambar Ilustrasi
MOKI, Sabang-Kapal Berbendera Liberia MV. PANORMITIS AV (GT. 25190) tipe kapal curah yang bermuatan kosong dengan jumlah ABK 20 orang, mengalami kerusakan mesin pada hari Rabu (30/08-17) ketika melalui perairan Sabang dekat Pulau Rondo (DSI 40) dan diperkiran berjarak 10 mil dari Kota Sabang (Pulau Weh), posisi akhir ETA Received: 2017-09-01 03:50 LT (UTC +7)

MV Panormitis AV berbendera Liberia tersebut sebelum mengalami kerusakan, berangkat dari Pelabuhan asal SRIRACHA dan rusak mesin ketika tiba di perairan Pulau Weh. Selanjutnya menghubungi Station Radio Pantai Distrik Navigasi Kelas II Sabang untuk dilanjutkan ke KSOP. Hal ini dikatakan oleh Kepala KSOP Sabang, Adi Surya pada keterangan Persnya, ketika dihubungi Wapemred MOKI melaui Telepon Selulernya, kamis (31/08-17) malam.



Kemudian Adi Surya selaku KSOP Sabang, menindaklanjuti keadaan Emergency kapal tersebut sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh Nakhoda Kapal. Karena yang dibutuhkan oleh mereka adalah kapal jenis Tax Boat dengan kapasitas 300 Hp untuk menggandeng dan menarik kapal tersebut, maka saya menhubungi PT. Pelindo Krueng Raya.

Namun pihak PT. Pelindo tidak dapat memenuhi permintaan pihak darI Nakhoda Kapal MV Panormitis sebab, pihak PT Pelindo Krueng Raya Aceh Besar hanya memiliki Tax Boat yang berkapasitas 240 HP. Oleh karena tidak sesuai dengan permintaan dari pihak Nakhoda Kapal maka saya mencoba menghubungi pihak dari Distrik Navigasi Kelas II Sabang.

Ketika saya mencoba berkoordinasi kepada pihak Distrik Navigasi Sabang dengan Bapak M. Jamil SH, tujuannya untuk dapat membantu pihak MV Panormitis yang lagi Emergency. Dan menurutnya, kapal pada Distrik Navigasi kelas II Sabang KN. Antares dan KN Benggala bukanlah jenis kapal taxboat yang mampu menarik dan menggandeng kapal tersebut, dan yang pasti tidaklah sesuai dengan apa yang diminta oleh Nakhoda MV Panormitis, ujar Adi Surya.



Lebih lanjut Adi Surya mengatakan, pihak KSOP Sabang dan Disnav Sabang selaku perwakilan dari Kementrian Perhubungan Ditjenla telah melakukan upaya-upaya sesuai dengan standarisi kerja Ditjenla diwilayah kerja mereka. Diharapkan kepada pihak kapal MV Panormitis AV dapat segera menghubungi kantor pusatnya dan mengirimkan pihak Agency agar dapat memenuhi kebutuhan keadaan Emergency kapal tersebut.

Kapal jenis tax boat berkekuatan 300 HP yang mereka butuhkan, sampai dengan sekarang ini belum lagi ada dimilki oleh KSOP dan Disnav Sabang maupun PT Pelindo Aceh. Oleh karenanya, pihak Agency dapat mencari didaerah wilayah lainnya seperti di Pelabuhan Belawan, Pelabuhan Batam maupun di pelabuhan Singapore, tukas Kepala KSOP Sabang Adi Surya. (Wapemred)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.