Jumat, 01 September 2017

Lebih Dari Empat Puluh Ribu Masyarakat Kota Banda Aceh, Tumpah Ruah Menyaksikan Takbiran Menyambut Hari Raya Idul Adha

    9/01/2017   No comments

Peserta Takbiran melalui jalan Pocut Kota Baren Banda Aceh sebagai kota  Ibukota Provinsi Aceh, Kamis (31/08-17)
MOKI, Banda Aceh-Pawai Takbiran dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha (1437 H) di Ibu kota Provinsi Aceh Kota Banda Aceh, disambut sangat meriah oleh segenap lapisan masyarakat Kota Banda Aceh. Banyaknya masyarakat yang tumpah ruah menyaksikan takbiran disepanjang jalan yang dilintasi oleh peserta, jumlahnya lebih dari empat puluh ribu jiwa, sepengamatan Wapemred MOKI, kamis (31/08-17) malam.




Para peserta takbiran itu terdiri dari masyarakat berdiam diberbagai Gampong (Desa) yang dipimpin oleh seorang Keuchik (Kepala Desa), yang berasal dari beberapa kecamatan di wilayah Pemerintahan Kota Banda Aceh. Rute yang akan dilalui oleh para peserta takbiran adalah diawali dari Mesjid Raya Baiturahman menuju Jembatan Pantai Perak kemudian berbelok dari simpang lima menuju jalan Teuku Umar.

Selanjutnya dari jalan Teuku Umar yang cukup panjang tersebut, ketika sampai di simpang Jambo Tape didepan Markas Brimob Aceh maka peserta takbiran kembali berbelok kerah kiri dekat sekolah MIN/MTsN Banda Aceh. Kemudian dilanjut berbelok arah ke jalan Pocut Baren, dan disepanjang jalan Pocut Baren para peserta takbiran tidak dapat bergerak dengan lancer karena banyaknya kabel Telepon dan Listrik menghalangi rangkaian bangunan yang telah didekor oleh peserta pawai berupa bangunan Mesjid dan Kapal.

Kemudian dari jalan Pocut Baren, peserta takbiran kembali berbelok menuju jalan Panglima Polem Peunayong, dan sesampainya di penghujung jalan Panglima Polem yang arahnya juga menuju tempat awalnya berbelok, maka para peserta takbir kembali berbelok arah menuju jembatan Pantai Pirak, dan pawai takbiran di akhiri menuju Mesjid Raya Baiturahman, Mesjid Raya kebanggan Masyarakat Aceh.




Salah seorang warga masyarakat yang berdiam di Gampong Keramat, Syafruddin (40 thn) ketika dimintai keterangan dan tanggapannya oleh Wapemred MOKI ketika takbiran tersebut berlangsungh mengatakan, banyaknya warga masyarakat tumpah ruah menyaksikan takbiran berasal dari 5 (lima) Gampong yaitu, Gampong Keuramat, Gampong Mulia, Gampong Laksana,

Menurutnya, lebih dari empat puluh ribu masa yang turun kesepanjang jalan yang dilalui oleh peserta takbiran karena, jumlah masrakat yang ada di Gampong keuramat saja lebih dari 5 ribu orang. Sepengamatan saya warga dari berbagai Gampong yang tidak dekat dengan lokasi rute perjalanan takbiran juga turut hadir menyaksikan pawai akabar takbiran ini, ujar Syafruddin.




Pendapat yang hampir serupa juga dinyatakan oleh salah seorang warga Gampong Ulhee Kareung Ayi (25 thn) kepada MOKI, karena dia saja turut menyaksikan Takbiran itu meskipun harus membawa anaknya yang masih berusia 1 thn, dengan cara digendong. Dan banyak warga Ulhee Kareung seperti dirinya membawa anak-anaknya untuk turut menyaksikan Takbiran Akbar tersebut.(Wapemred/Fernan)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.