Jumat, 01 September 2017

Menasah Al Ma’ruf Gampong Mulia Banda Aceh Terbakar

    9/01/2017   No comments

Terlihat Rumah Ibadah Menasah  AL Ma’ruf ketika kebakaran itu berlangsung dari posisi samping yang bersebelahan dengan rumah miliknya Mustafa suami dari Cut H Nurhayati, Jumat (01/09-17) sekitar pukul 11.35 Wib.
MOKI, Banda Aceh-Kebakaran pada Hari Raya Idul Adha yang melanda Rumah Ibadah Menasah Al Ma’ruf berlokasi di Gampong Mulia kecamatan Syahkuala Kota Banda Aceh, membuat masyarakat setempat menjadi panik. Pasalnya posisi Menasah rumah Ibadah masyarakat itu diapit oleh bangunan rumah para warga di jalan berlian, dan kejadiannya bertepatan dengan menjelang Ibadah sholat Jum’at di Mesjid-mesjid, diperkirakan kebakaran terjadi sekitar pukul 11.25 Wib tanggal 01-09-2017.

Menurut keterangan warga setempat ketika wapemred MOKI turun kelokasi kejadian bahwa, kebakaran tersebut berawal dari hubungan langsung listrik pada rumah yang berada dibelakang Menasah. Karena rumah titik awal pusatnya api itu terbuat dari papan dan banyak terdapat puing-puing dari bungkusan kabel listrik dan barang lainnya maka sebelum api itu menyala besar, terlebih dahulu timbul asap hitam yang tebal membumbung keatas.

Hal ini diterangkan oleh Pemilik rumah Cut H. Nurhayati yang kebetulan masih berada di rumahnya, dan posisin rumah Nurhayati bersebelahan dengan Menasah tersebut. Dan dia kalut menghadapi kejadian itu karena Suaminya sedang keluar dan tidak berada di rumah, saya hanya berdua dengan putrid saya yang masih remaja dan bersekolah di SMA, ujar Cut H Nurhayati pada Wapemred MOKI.




Ketika kebakaran itu terjadi, Wapemred MOKI kebetulan sedang berada di Gampong Keuramat yang lokasinya bersebelahan dengan Gampong Mulia. Lebih kurang 10 menit kemudian datanglah Mobil Pemadam ke lokasi kejadian tersebut, namun tidak dapat masuk kelokasi disebabkan besarnya mobil Pemadam yang dikirimkan oleh pihak Dinas Kebakaran Kota Banda Aceh.

Beberapa waktu kemudian, barulah datang Mobil Pemadam yang lebih kecil dari yang datang awal dan melukan pertolongan penyemprotan pada titik api yang dibantu oleh masyarakat setempat. Selanjutnya berdatangan mobil pemadam kecil lainnya dan mobil tangki air milik PDAM untuk membantu menyuplai air yang dibutuhkan tanpa Mobil Pemadam tersebut untuk kembali mengambil air yang telah habis disemprotkan.

Sekitar pukul 11.50 Wib api telah dapat dijinakkan oleh para petugas Pemadam Kebakaran bersama-sama dengan masyarakat Gampong Mulia dengan cara membongkar atap seng dari menasah tersebut karena diduga api telah menjalar sampai ke kayu penopang atap seng. Barang barang yang berada di menasah tersebut seperti ambal Sajadah yang panjang dan barang inventaris menasah lainnya, dapat diselamat oleh warga secara bersama-sama bergotong royong mengangkut dan mengeluarkannya dari dalam Menasah AL Ma’ruf.




Pantauan MOKI sejak kejadian kebakaran Menasah Al Ma’ruf, terlihat kompak dan tanggapnya para masyarakat setempat untuk melakukan pemadaman, meskipun saat itu Mobil Pemadam belum tiba ke lokasi kejadian. Dan tidak ada terlihat masyarakat setempat maupun masyarakat lainnya yang tidak berdomisili di Gampong Mulia namun mereka berada dilokasi kebakaran, untuk mencari kesempatan dan menguntungkan dirinya dengan kejadian kebakaran tersebut.

Sampai dengan berita ini diturunkan, terlihat titik api telah padam keseluruhannya dan yang tinggal hanyalah puing-puing dari rumah papan yang masih berasap karena di siram dengan air dari Mobil Pemadam. Kesolitan dan kesigapan para petugas pemadam tampak sangatlah baik dan perlu dicontoh oleh petugas pemadam kebakaran kabubaten/kota lainnya yang ada di Provinsi Aceh.

Pasalnya, hanya dengan hitungan tidak lebih dari 10 menit kejadian kebakaran itu, armada mobil pemadam milik pemko Banda Aceh telah tiba di lokasi kejadian kebakaran. Padahal situasi dan kondisi saat kejadian hari libur bertepatan dengan Hari Raya idul Adha, namun demikian para petugas yang stanby pada posisinya sedang berjaga di Mobil Pemadam bisa hadir tepat waktu tanpa alasan apapun mereka siap melaksanakan tugasnya sesuai dengan standarnya seorang petugas pemadam kebakaran.(wapemred MOKI)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.