Senin, 25 September 2017

Peringatan Hari Menara Suar di Kota Sabang

    9/25/2017   No comments

MOKI, Sabang-Kepala Distrik Navigasi Kelas II Sabang Capt. Hidayat M.Mar, selaku Inspektur Upacara pada peringatan Hari Menara Suar Indonesia ke III kalinya tahun 2017 di Halaman Kantor Disnav kelas II Sabang mengatakan, dengan memperingati Hari Menara Suar Indonesia mari kita wujudkan Keselamatan Pelayaran guna mendukung Program Tol Laut, ujarnya, Senin 25 September 2017, pagi.




Dikatakan, tanggal 22 September 2017 kita memperingati Hari Menara Suar Indonesia untuk yang ke tiga kalinya, pada tema kali ini diangkat adalah “Peran Menara Suar dalam mewujudkan Implementasi Proram Nawacita, Dirjenperla diharapkan mampu mewujudkan Koneksitas antar Pulau melalui Program Tol Laut.

Hal tersebut sesuai dengan arah kebijakan dari Pemerintah yang akan member prioritas  pada program Pengembangan Infastruktur dan Koneksitas Maritim. Dirjenperla memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung roda perekonomian, dan memperlancar Mobilitas penduduk, arus barang serta Koneksitas antar daerah, katanya ketika membacakan amanat dari Direktur Jenderal Perhubungan Laut Bay Mokhamad Hasani.



Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP) terutama Menara Suar juga sangat berperan dalam program Nawacita dimaksud, dimana dengan keberadaan Menara Suar maka dapat memberikan kemudahan bagi para Nakhoda untuk berlayar secara selamat dan aman.

Lebih lanjut dikatakan, peringatan Hari Menara Suar Indonesia ini semata-mata ditujukan kepada kita untuk mengingat kembali betapa pentingnya fungsi dan peranan Menar Suar bagi Indonesia Khususnya dan Dunia Pelayaran pada umumnya.



Menara Suar sebagai SBNP merupakan salah satu komponen dalam penyelenggaraan kenavigasian mendukung keamanan dan keselamatan pelayaran. Perlindungan Lingkungan Maritim termasuk sebagai salah satu alat untuk “ Memperkuat Batas Wilayah Kedaulatan  Negara Kesatuan Republik Indonesia “.

Keberadaan Menara Suar dan pengabdian para Penjaga Menara Suar yang tidak mengenal menyerah, sudah selayaknya mendapat Aspresiasi masyarakat khususnya masyarakat Maritim di Indonesia maupun di Dunia. Mengingat Indonesia adalah sebuah Negara Maritim dan Negara Kepulauan terbesar di Dunia yang sesuai dengan Karakteristik Kemaritimannya duduk sebagai  anggota Council dalam Internasional Maritim Organization (IMO).



Seiring dengan semangat pengakuan karakter Kemaritiman Indonesia dalam kampanye Indonesia menjadi Poros Kemaritiman Dunia maka, pengakuan dan perwujudan aspresiasi terhadap Menara Suar dan Petugas Menara Suar melalui penetapan Hari Menara Suar Nasional, dipandang sangat penting untuk dilakukan dalam Momentum tepat ini.

Perayaan Hari Menara Suar ini diharapkan tidak hanya dirayakan oleh Unit Pelaksana Tekhnis Distrik Navigasi namun juga oleh seluruh masyarakat Indonesia, sehingga masyarakat Indonesia mendapatkan pengetahuan  mengenai pentingnya Menara Suar dalam meningkatkan Keselamatan Pelayaran dan pertlindungan Maritim diseluruh wilayah perairan Indonesia.



Kepada rekan-rekan yang bertugas di Menara Suar yang merupakan ujung tombak untuk membantu Keselamatan Pelayaran dan menjaga Wilayah Perbatasan Indonesia, saya berharap tetap memiliki Dedikasi yang Tinggi dalam menjalankan tugasnya dimanapun kalian berada, dan saya Mengucapkan Selamat Hari Menara Suar ke III, pungkas Capt. Hidayat M. Mar, sekaligus mengkahiri pidato Direktur Jenderal Perhubungan Laut.(Tiopan. AP)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.