Jumat, 06 Oktober 2017

HUT TNI Ke 72 Yang Sangat Crowded

    10/06/2017   No comments

MOKI, BANTEN - Kamis pagi 5 Oktober 2017 ribuan warga Cilegon dan sekitarnya memadati Dermaga Indah Kiat Cilegon, Banten, untuk menyaksikan Upacara Peringatan HUT Ke-72 TNI yang menghadirkan ratusan alat utama sistem persenjataan (Alutsista) yang dimiliki TNI.




Upacara yang rencana awal dimulai pukul 08.00 WIB molor beberapa menit akibat Presiden Joko Widodo selaku Inspektur Upacara mengalami kemacetan. Usai menembus kemacetan, Presiden Joko Widodo akhirnya tiba di lokasi pukul 08.30 WIB. Beliau berdiri di sebelah Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. Hadir pula Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi, dan Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. Bertindak sebagai Komandan upacara yaitu Letjen TNI Edy Rahmayadi yang juga menjabat sebagai Pangkostrad.




Parade dan defile pada HUT TNI kali ini berjumlah 5.932 orang. Dengan Peserta upacara terdiri dari Brigade Upacara I Gabungan, Brigade Upacara II Akademi TNI, Brigade Upacara III TNI AD, Brigade Upacara IV TNI AD, Brigade Upacara V TNI AL, Brigade Upara VI TNI AU, Batalyon Upacara PNS. Dan juga menampilka demo alutsista dari tiga matra TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut dan TNI Angkatan Udara.

Sebelumnya demonstrasi menampilkan pencak silat yang melibatkan 1.800 prajurit, halang rintang laut gabungan, terjun free fall gabungan, terjun statik laut gabungan, dan ditutup oleh Jupiter Aerobic team.




Berdasarkan pengamatan Kabar Investigasi.com yang kemacetan mulai terjadi di jalan alternatif Tol Merak Atas. Jarak titik awal kemacetan ke lokasi sekitar 4 kilometer. Masyarakat yang hadir sangat membludak dan sungguh di luar perkiraan. Sementara jarak dari mobil RI 1 yang membawa Presiden ke lokasi untuk berjalan kaki sekitar 3 kilometer.

Presiden berjalan kaki bersama warga yang juga memadati lokasi peringatan HUT ke-72 TNI. Beliu yang semula hanya didampingi anggota Paspamres dan polisi, kemudian ditemani Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian.

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu dan Kepala Staf Kepresidenan pun berjalan mengikuti Presiden Jokowi.




Menjelang lokasi upacara, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Mulyono, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Ade Supandi, dan Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU) Marsekal Hadi Tjahjanto menyambut kedatangan Presiden. Mereka berjalan kaki bersama menuju lokasi upacara.

Sehubungan dengan itu Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menyampaikan permintaan maaf kepada Presiden Joko Widodo saat berpidato pada upacara peringatan HUT TNI ke 72.




"Kami mohon maaf sebesar-besarnya karena Bapak-Ibu banyak yang harus naik ojek dan jalan kaki bahkan Presiden Joko Widodo berjalan kaki kurang lebih dua kilometer," ujar Gatot.

Dari prajurit hingga perwira menengah dan tinggi akhirnya memilih berjalan kaki karena kendaraan tidak memungkinkan untuk menerobos "lautan" manusia.

"Semuanya karena masyarakat sejak pukul 02.00 pagi sudah berada di sini. Ini menunjukkan kecintaan masyarakat terhadap TNI," kata Gatot.




Para pejabat lainnya yang ada di dalam iring-iringan kepresidenan akhirya juga terpaksa ikut berjalan kaki bersama Presiden Jokowi. Terlihat Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimulyono berusaha menembus kerumunan warga yang memadati jalan. (IP – Kaperwil Banten)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.