Minggu, 29 Oktober 2017

Puncak Hari Jadi Kabupaten Sumenep Ke-748 Menampilkan Drama Kolosal Sejarah Berdirinya Sumenep

    10/29/2017   No comments

MOKI, Sumenep- Puncak hari jadi kabupaten Sumenep ke-748 Menampilkan Drama kolosal sejarah Berdirinya Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur. kegiatan tersebut berlangsung  di depan Masjid Agung setempat. Minggu. 29/10/17




Berdasarkan pantauan di lokasi, kegiatan dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Sumenep yang ke 748 ini dihadiri oleh Deputi Bidang Pemasaran Wisata Nusantara Kementerian Pariwisata RI, Esthy Reko Astuti, Ketua forum silaturrahim Keraton Nusantara Sultan Sepuh IV Kasultanan Kesepuhan Cirebon, Pangeran Raja Adipati Arif Natadiningrat, OPD, dan Forpimda.




Bupati Sumenep dalam kesempatan itu menyampaikan, Berdirinya kabupaten Sumenep tidak lepas dari peristiwa  748 tahun silam, momen di Angkatnya Arya Wiraraja menjadi Adipati pertama di kabupaten Sumenep pada taggal 31 oktober 1269.

"Berdirinya Kabupaten Sumenep tidak terlepas dari peristiwa 748 tahun silam, momen di angkatnya Adipati Arya Wiraraja menjadi Adipati pertama di kabupaten Sumenep," kata Busyro. Minggu. (29/10/17)




Dia menjelaskan, Sejak tahun 1269, Sumenep berdiri dengan bentuk kerajaan, dan pada tahun 1929 berubah menjadi kabupaten samapai saat ini dan Sumenep pernah di pimpin 35 raja dan 15 Bupati.




Menurutnya, Peran kabupaten Sumenep dalam mendukung tegaknya NKRI tidak bisa di ragukan lagi. Sejarah kebesaran bangsa indonesia, salah satunya karena berdirinya kerajaan Majapahit. Dan tokoh penting di balik berdirinya kerajaan Majapahit yaitu Adipati pertama Sumenep Arya Wiraraja," Terangnya.

Sambung Bupati dua priode ini,  Pawai budaya ini sangat penting untuk mendalami sekaligus meneruskan jejak langka Para pendahulu kabupaten Sumenep, khususnya kepada generasi muda.




Sejarah kabupaten Sumenep penuh nilai,  baik nilai Religius,  nilai karakter dan nilai kemajuan.

"Sejarah ini dan pawai budaya patut di kenang dan di peringati setiap tahun," Ucapnya.




Busyro menambahkan, Pawai budaya ini juga bagian dari komitmen melestarikan budaya.
Sumenep memiliki keragaman budaya, salah satunya yang di tampilkan hari ini. Sejarah budaya dan tradisi terbukti mampu mengikat satu bangsa dan daerah tetap dalam kebersamaan," Tutupnya. (sr)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.