Sabtu, 21 Oktober 2017

Ziarah Rombongan Di TM Pahlawan Giri Dharma Peringati Hari Santri Nasional 2017

    10/21/2017   No comments

MOKI, Pati-Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional Tahun 2017 diadakan Ziarah rombongan ke Taman Makam Pahlawan Giri Dharma Desa Puri Kecamatan Pati, Kabupaten Pati. Sabtu, 21/10/2017. Pukul, 17.00 Wib.




Ziarah rombongan tersebut diikuti oleh kurang lebih 700 orang dari jajaran Pondok Pesantren, Kodim 0718 Pati dan Polres Pati.

Peserta Ziarah terdiri 1 Sst Polres Pati, 1 Sst Ton siaga Dim 0718/Pati, 1 Sst Santri Ponpes Matiliul fallah Kajen, 1 Sst Santri Ponpes Al Istianah Plangitan Pati dan 1 Sst Fatayat NU.

Santri  Pejuang Kemerdekaan 1929 - 1949 adalah Kyai Muhammad Hasyim Mahfud.




Sejarah singkat Pahlawan Santri Kyai Muhammad Hasyim Mahfud

Kyai Muhammad Hasyim Màhfud dikenal santri oleh masyarakat, biasa dipanggil dengan sebutan Gus Hasyim. Lahir di Kajen pada Th 1929 beliau adalah Putra kedua dari enam bersaudara. Sebagai Santri muda biau memiliki prinsip hidup yang tegas dan berdisiplin hingga memilih terjun di medan laga dalam perjuangan.




Kyai Muhammad Hasyim Mahfud mahir dalam menyerang secara mendadak terhadap Belanda dan kepiawean beliau dalam mengoprasikan senjata rampasan, sehingga Belanda menjadikan sasaran/target oprasi untuk menangkap hidup atau mati. Oleh karenanya Beliau tidak pernah menetap dalam satu wilayah dan selalu berpindah-pindah.




Hingga akhirnya di Th 1949 di Surau wilayah Sukolilo Pati saat Beliau selesai berjamaah Sholat Asyar mengimami dua orang Santri yaitu Abdul Manan dan Sholeh, sampai akhirnya ada seorang tentara Belanda bernama Harun melakukan penyergapan, namun demikian Kyai Muhammad Hasyim Mahfud tidak langsung menyerah hingga Belanda membrondong dengan senapan mesin dan kemudian Beliau Gugur di usia muda. (Aris)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.