Jumat, 24 November 2017

Bupati Haryanto Terima Bantuan Mobil Perpustakaan Dari Anggota DPR RI Djoko Udjianto

    11/24/2017   No comments

MOKI, PATI – Ketua Komisi X DPR Pusat IR.DR.H. Djoko Udjianto, Jumat (24/11) kemarin melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Pati. Dalam kesempetan tersebut, Politisi dari Partai Demokrat ini juga menyerahakan secara langsung mobil perpustakaan keliling bantuan dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia untuk Pemerintah Kabupaten Pati. Penyerahan bantuan mobil perpustakaan secara simbolik itu, diterima oleh Bupati Pati Haryanto di Kantor Pendopo setempat.




Nampak hadir dalam kegiatan tersebut, Dedi Junaedi selaku Sekretaris utama Perpustakaan Nasional RI. Selain dihadiri para pipinan OPD, kegiatan penyerahan bantauan kemarin juga disaksikan oleh para Kepala Sekolah SD/SMP dan Kepala UPT Dinas Pendidikan Se Kabupaten Pati.

Dalam sambutanya, Djoko Udjianto berharap agar bantuan mobil perpustakaan yang diserahkannya kedepan dapat bermanfaat untuk menumbuhkan minat baca baik untuk kalangan para pelajar termasuk juga untuk menumbuhkan minat baca masyarakat secara umum.




Hasil penelitian dari 61 negara, Indonesia berada di urutan rangking nomor dua terbawah atau nomor ke 60. Itu artinya tingkat konsumisi membaca buku orang Indonesia masih sangat rendah jika dibandingakn dengan negara-negara lainya.

“Meski diurutan terbawah, tapi ada fakta lain, rendahnya minat baca masyarakat Indonesia bukan karena malas membaca, tetapi karena tidak ada yang dibaca. Sebab selama ini jarang sekali ada bantuan buku bacaan yang sampai ke daerah pelosok dan terpencil,” ungkap Djoko.




Dengan adanya bantuan mobil perpustakaan keliling ini Djoko berharap dapat menjadi solusi masalah kurangnya bahan bacaan untuk warga yang berada di daerah.

Djoko juga menjelaskan mobil bantuan perpustakaan keliling ini sudah dilengkapi dengan beberapa piranti canggih seperti perangkat internet, peralatan multi media dan proyektor juga dilengkapi dengan genset.




“Mobil perpustakaan keliling ini sudah  canggih, tidak hanya menyediakan 800 exemplar buku bacaan saja, mobil ini juga bisa memutar film melalui proyektor. Ketika anak-anak sudah bosan membaca mereka juga  bisa berselancar internet. Mobil Perpustakaan ini juga bisa berpindah-pindah, bahkan dapat menjangkau ke daerah pelosokan sekalipun,” ujar Djoko .

Sementara itu, Bupati Pati Haryanto sangat menyabut baik dengan adanya bantuan mobil perpustakaan keliling, menurutnya mobil perpusataakan ini akan diserahkan kepada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kabupaten Pati terkait perawatan dan penggunaanya.




“Sudah barang tentu bantuan mobil perpustakan ini akan sangat bermanfaat sekali. Biar nanti setiap hari mobil ini akan keliling ke sekolah–sekolah biar bisa dimanfaatkan dan bisa menumbuhkan kecitaan membaca buku, sebab buku adalah sumber ilmu yang dapat mencerdaskan anak bangsa, ” punkasnya. (Red)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.