Rabu, 01 November 2017

Kapolres Sumenep Dan Pemkab MoU Nota Kesepakatan Pengawasan Realisasi DD Dan ADD

    11/01/2017   No comments

MOKI, Sumenep, Kapolres Sumenep, Madura, Jawa Timur, melakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) atau Nota Kesepakatan dengan Pemkab setempat dalam melaksanakan pengawasan terhadap realisasi Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD). di ruang Arya Wiraraja Kantor Bupati setempat.Rabu.(1/10/17).




Kapolres Sumenep AKBP. H. Josehp Ananta Pinora menyampaikan, Kesepakatan ini merujuk pada Instruksi Presiden RI terkait dengan keikutsertaan Korps Bhayangkara dalam melakukan pengawasan realisasi DD dan ADD,

"Kesepakatan ini merujuk pada intruksi Presiden RI," Kata Kapolres Sumenep, AKBP H. Joseph Ananta Pinora usai menandatangani MoU dengan Pemkab setempat.




Dalam penandatanganan nota kesepakatan tersebut, pihaknya akan melakukan implementasi terhadap pengawasan DD dan ADD sesuai amanat Presiden RI.

“Implementasinya, kami akan melakukan pendampingan dimulai dari perencanaan realisasi DD, pengawasan terhadap pelaksanaannya dan terakhir pada saat pembuatan laporan peratanggung jawabannya,” Jelasnya. Rabu. (1/10/17)




Pinora menegaskan, pengawasan ini merupakan semangat pendampingan dan membimbing. Akan tetapi penindakan pasti dilakukan ketika sudah tidak bisa dibina.

“Kami lebih mengedepankan pendampingan yang sifatnya pembinaan. Tapi, penindakan juga akan kami lakukan, jika sudah benar – benar tidak bisa di bina," Tegasnya.




Sementara itu Bupati Sumenep A. Busyro Karim sangat mengapresiasi atas dilakukannya MoU terkait pengawasan DD dan ADD dengan melibatkan Kepolisian. Menurutnya hal tersebut diharapkan mampu meningkatkan seluruh SDM dari perangkat Desa, dan meminimalisir terjadinya penyimpangan.

“Program ini merupakan lanjutan dari pusat, seperti yang sudah dilakukan oleh Kementerian Desa dan Kemendagri bersama Kepolisian terkait pengawasan DD dan ADD,” Kata Bupati Sumenep.




Mantan ketua DPRD ini menambahkan, pengawasan DD dan ADD ini dilakukan secara tunggal oleh Kapolsek dengan Bhabinkamtibmasnya, sebagai bagian dari struktur Polri yang terlibat karena bisa bergerak hingga ke desa-desa.




“Sebagai kebijakan strategis, pengawasan Dana Desa dilakukan dengan sistem terpadu, diharapkan Kapolsek dan Bhabinkamtibmasnya bekerja sama yang baik dengan masing-masing Camat,” pinta Bupati.

Busyro berharap, kepala desa mengelola DD dan ADD dengan sebaik-baiknya, jangan sampai dalam pelaksanaannya menuai masalah yang merugikan masyarakat.




Untuk itu, siapapun tidak boleh melakukan intervensi terhadap pengawasan Dana Desa, supaya pengelolaan Dana Desa di Kabupaten Sumenep tidak ada masalah hukum di kemudian hari," Pungkasnya. (sr)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.