Rabu, 29 November 2017

KRI Dewa Ruci Bersandar, Disambut Walikota Sabang Nazaruddin

    11/29/2017   No comments

MOKI, Sabang-Kapal Latih Taruna TNI AL, KRI Dewa Ruci milik TNI AL tiba di Pelabuhan Teluk Sabang Selasa (28/11-17) sore, jam 17.00 wib, disambut oleh Walikota Sabang Nazaruddin, Dan Lanal Sabang Kolonel Kicky Salvacdhie, Kadisbudpar Aceh Reza Pahlevi, Ketua MPU Sabang, Plt. Kadisbudpar Sabang Ali Taufik dan Instansi terkait lainnya.




Saat kedatangan KRI Dewa Ruci tiba Pelabuhan Sabang sampai kapal tersebut bersandar, diiringi oleh Drum Band Taruna TNI AL dari KRI Bima Suci yang lebih dulu tiba di Pelabuhan Sabang jam 07.00 wib pagi, serta tarian Aceh untuk menyambut tarian Ranup Lampuan.




Dalam rangka acara SAIL Sabang yang akan dilaksanakan dari tanggal 28 Nobember s/d 05 Desember 2017, yang rencananya dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo tanggal 02 Desember 2017 mendatang. Mabes TNI AL mendatangkan beberapa Kapal Perang yang ada di Wilayah Armada Barat dan 2 Kapal Layar Latih Taruna TNI AL yaitu KRI Dewa Ruci dan KRI Bima Suci.




Misi KRI Dewa Ruci terlihat pada spanduk di kapal adalah, Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) KRI Dewa Ruci Program dari Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman, Deputi Bidang Koordinasi SDM, Iptek dan Budaya Maritim. Tema pada Ekpedisi kali ini adalah “ Membentuk Karakter dan Budaya Maritim Generasi Muda Indinesia menuju Poros Maritime Dunia “ .




Ekpedisi Nusantara jaya dilaksanakan dari tanggal 25 November s/d 15 Desember 2017 diawali dari Jakarta, selanjutnya menuju Batam, Pelabuhan Belawan dan berakhir di Pelabuhan Kota Sabang. Ekspedisi ini dilaksanakan oleh para Pelajar seluruh Indonesia yang berjumlah 68 orang, dari setiap provinsi akan diwakili oleh 2 orang peserta yang telah diseleksi sebelumnya.




KRI Dewa Ruci adalah KRI jenis Kapal Layar pertama milik TNI AL sebagai kapal untuk berlatih para Taruna TNI AL yang dibuat tahun 1952 HC. Stulcken & Sohn Hamburg Jerman. Kapal Layar berukuran 58,5 meter dan lebar 9,5 meter dari kelas Barquentine, merupakan satu-satunya kapal layar tiang tinggi produk galangan kapal itu pada 1952, yang masih laik layar dari tiga kapal yang pernah diproduksi.




Pembuatan kapal ini dimulai pada tahun 1932, namun terhenti karena saat Perang Dunia II galangan kapal pembuatnya rusak parah. Kapal tersebut akhirnya selesai dibuat pada tahun 1952 serta diresmikan pada tahun 1953, dan pertama diluncurkan pada tanggal 24 Januari 1953.




Ribuan masyarakat turut menyaksikan Kapal Layar KRI Dewa Ruci yang baru tiba di Pelabuhan Sabang sembari menonton atraksi para Taruna TNI AL memainkan Drum Band KRI Bima Suci kebanggaan TNI Angkatan Laut. Tidak hanya masyarakat Sabang saja yang antusias menyaksikan kedatangan KRI Dewa Ruci, para Turis Manca Negarapun turut menyaksikan dari dekat dengan sekoci Yark sekaligus ber foto.(Tiopan) AP)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.