Minggu, 12 November 2017

Pengurus Barongsai Sabang di Lantik Ketua FOBI Aceh

    11/12/2017   No comments

MOKI, Sabang-Pengurus Kota (Pengkot) Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) untuk Kota Sabang masa bhakti tahun 2017 – 2021, dilantik oleh Ketua FOBI Pengprov Aceh Kho khie Siong di Aula Akademi Perawat (Akper) Dinas Kesehatan Kota Sabang, Gampong Cot Ba’u, Kecamatan Sukajaya Kota Sabang, Sabtu (11/11-17) siang.




Hadir pada acara Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus baru, Wakil Walikota Sabang Drs. Suradji Yunus, Ketua Harian KONI Sabang Muhammad Isa, Forkopimda, Kadisdik Pora Andre Nourman, Sekretaris Pengprov FOBI Aceh Harianto dan anggotanya Bob Helmi, Ketua Pengkot Pelti Deka Prisa, Ketua Pengkot PTMSI, Ketua Pengkot Tarung Derajat, serta para undangan lainnya.




Ketua Pengkot FOBI yang baru dilantik Cut Faisal, SH pada kata sambutannya mengatakan, Federasi Olahraga Barongsai merupakan cabang olahraga yang masih baru untuk Kota Sabang, dan pada hari ini dilantik dan dikukuhkan kepengurusannya oleh Ketua Pengprov FOBI Aceh Kho Khie Siong, ujarnya.




Kalau dulu Barongsai masih merupakan satu kegiatan tradisional dari China, kini telah menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan, baik tingkat Kabupaten/kota, Provinsi maupun Nasional dan bahkan telah dipertandingkan juga di tingkat Internasional.




Olahraga Barongsai merupakan olahraga keras, karena salah satu dari tiga macam jenis yang dipertandingkan ada satu kelas yang Ektrim. Barongsai juga turut dipertandingkan pada PORA di Kabupaten Aceh Besar mendatang. Sementara prestasi FOBI Aceh pada Pekan Olah Raba Nasional yang lalu cukup signifikan, karena berhasil meraih satu Medali Perunggu, padahal FOBI Aceh masih baru saja ada di Provinsi Aceh, tukas Cut Faisal.




Sementara itu, Ketua Harian KONI Sabang Muhammad Isa pada kata sambutan mewakili Ketua KONI mengatakan bahwa, KONI Sabang sangat aspresiasi sekali terhadap olahraga Barongsai. Dengan semakin banyaknya cabang olahraga di Kota Sabang maka akan semakin baik pula, dan harapan kami selaku pengurus KONI para pengurus yang baru saja dilantik dapat lebih serius dalam mencari dan membina para atletnya.




Cabang olah raga ini dapat menjadi salah satu daya tarik Parawisata di Kota Sabang, dan akan dapat menjadi salah satu Icon kunjungan wisata. Oleh karena itu kami pihak KONI sangat mengharapkan dukungan dari pemerintah Kota Sabang, apalagi dengan semakin banyaknya cabang olah raga, semakin banyak diperlukan dana pembinaan atlet disetiap cabangnya, ujar Muhammad Isa.




Wakil Walikota Sabang Drs. Suradji Yunus juga sangat mendukung sekali adanya olagraga Barongsai di Kota Sabang sebab, olahraga ini dapat meramaikan parawisata yang menjadi program andalan Pemerintah Daerah. Untuk itu diharapkan para pengurus yang baru saja dilantik dan dikukuhkan, dapat bekerja keras memajukan FOBI dan segera melaksanakan perekrutan atlet FOBI untuk dilatih.




Tantangan olahraga Barongsai sangatlah berat karena setiap atlet diharuskan serius pada saat berlatih, oleh karenanya fisik atlet itu sendiri haruslah selalu prima. Pemerintah Kota Sabang selalu siap mendukung kegiatan olahraga sebab, olahraga dapat mengharumkan nama daerah dan dapat menjadi salah satu pencegahan kegiatan yang tidak benar seperti Miras dan Narkoba, ujar Wakil Walikota Suradji Yunus .




Ketua Pengprov FOBI Aceh Kho Khie Siong di kata sambutan mengatakan, kami selaku Pengurus Provinsi FOBI Aceh sangatlah berbangga hati dengan telah dibentuknya Pengurus FOBI Kota Sabang yang kini telah dilantik dan dikukuhkan. Hal ini karena pelantikan dan pengukuhan untuk Pengurus Kabupaten/Kota di Aceh yang pertama sekali dilakukan adalah di Kota Sabang, kata Kho Khie Siong.




Dikatakannya, Surat Keputusan Pengurus Kabupaten/Kota lainnya seperti Kota Langsa dan Kabupaten Tamiang telah diterbitkan namun Pelantikan dan Pengukuhan sampai sekarang belum lagi dilaksanakan. Saya yakin kalau di Kota paling ujung perbatasan Indonesia pengurus FOBI telah ada maka untuk pengurus Kabupaten Kota lainnya akan segera dapat dilaksanakan dan prestasi FOBI akan lebih baik lagi.




Hal ini tidaklah muskil untuk dilaksanakan sebab, FOBI Aceh yang masih baru dan masih dini saja dapat bersaing denga Provinsi lainnya pada Pekan Olahraga Nasional yang lalu, dan berhasil meraih medali Perunggu. Apalagi bila disetiap kabupaten/kota kepengurusan itu telah terbentuk maka saya yakin prestasi itu akan lebih melejit lagi, ujarnya pula.




Diterangkannya juga bahwa, Barongsai yang kini telah menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertadingkan mempunyai tiga kelas. Dan setiap kelasnya bebeda, dan ada kelas yang sangat tinggi tantangannya seperti kelas Liong, dikelas ini diperluka fisik yang prima dan sangat rentan tantangan para atlet Liong.




Kami sangat mengharapkan Pemerintah Kota Sabang dapat mendukung FOBI dalam melaksanakan Pembinaan dan perekrutan atlet. Dan kami dari Pengprov juga siap untuk melatih atlet Kota Sabang dan melakukan pelatihan pelatih, agar kedepannya FOBI Sabang mempunyai pelatih yang andal untu melatih para atletnya, pungkas Kho Khie Siong.(Tiopan. AP)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.