Senin, 06 November 2017

SMA 1 Gapura Gelar Bazar Kelompok Usaha Siswa

    11/06/2017   No comments

MOKI, Sumenep : SMA Negeri 1 Gapura, Kabupaten Sumenep Madura Jawa Timur menggelar Bazar Kelompok Usaha Siswa, Senin (6/11/2017). Bertempat di halaman sekolah setempat yang di buka langsung oleh Kasi SMA/SMK  dinas Provinsi Jawa Timur Wilayah Sumenep HM. Bahri Arofah di dampingi kepala SMAN 1 Gapura H. Sadik.




Dalam kesempatan tersebut Kasi SMA/SMK Dinas Provinsi Jawa Timur Wilayah Sumenep, Muhammad Bahri Arofah di damping kepada sekolah SMAN 1 Gapura H. Sadik dan sejumlah kepala sekolah meninjau satu persatu hasil produksi usaha siswa siswi SMA Gapura.
 Ada sekitar 42 stan kelompok usaha siswa yang mayoritas dari kelas X dan bermacam macam hasil usaha siswa yang di perkenalkan seperti, kue,  minuman,  makanan ringan, kerajinan rumah dan peruhu dari bambu,  dan banyak lainya yang dipamerkan di stan masing masing kelompok.




Kepala SMA Negeri 1 Gapura, H. Sadik menyampaikan, hasil usaha yang dipamerkan murni dari keuletan siswa yang sebelumnya mendapat pembekalan dan motifasi.

"Ini sebagai bekal bagi para siswa. Karena kita tau tidak semua siswa akan melanjutkan ke perguruan tinggi. Kewirausahaan ini bisa menjadi bekal untuk mandiri," kata Sadik, Senin (6/11/2017).




Mantan kepala Sekolah SMAN 1 Sumenep ini menjelaskan program kewirausahaan yang dijalankan ini merupakan agenda dari Pemerintah Pusat sebagai upaya membangkitkan jiwa usaha anak anak didik.

"Program kewirausahaan ini merupakan program dari pusat. Yang dipamerkan di bazar ini merupakan hasil dari kelompok usaha siswa," jelasnya.




"Saat lulus nanti kita berharap, siswa ini bisa menjadi wirausaha yang sukses dan mampu membuka lahan pekerjaan bagi yang lain. Jangan menunggu kita harus berusaha," imbuh Sadik yang saat ini menjabat Ketua MKKS SMAN




Hal senada juga disampaikan, Kasi SMA/SMK Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Sumenep Mohammad Bahri Arofah mengaku sangat mendukung dengan upaya yang dijalankan SMA Negeri 1 Gapura.

"Kita mengapresiasi kegiatan ini. Ini merupakan bekal untuk siswa agar mampu menjadi wirausaha yang mandiri nantinya," kata Bahri Arofah.




Program kewirausahaan yang dijalankan sejak tahun ajaran 2016-2017 ini bisa dikuti oleh sekolah lain. Karena prestasi yang dapat diraih siswa bukan hanya di bidang akademisi namun juga bisa pada non akademisi.

"Sekolah lain juga harus meniru program ini, jadi bekal untuk siswa bisa menyeluruh di Sumenep. Kedepan harus bisa lebih dikembangkan," pungkasnya.




Nampak Hadir di acara Kasi Pendidikan Dinas Provinsi Jawa Timur wilayah Sumenep, Pengawas SMA/SMK, Sejumlah Kepala SMAN,  Kometi Sekolah dan para undangan.(sr)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.