Rabu, 15 November 2017

Tujuh Faktor Penyebab Ikan Paus Sperma Terdampar di Perairan Aceh

    11/15/2017   No comments

MOKI, Banda Aceh-Menurut ahli perikanan dan kelautan Lembaga Kajian Strategis dan Pembangunan Aceh (LEMKASPA). Faktor penyebab utama terdamparnya mamalia laut ke perairan dangkal disebabkan oleh beberapa faktor Internal dan Eksternal. Kajian ini dilakukan karena terdamparnya 10 ekor Ikan jenis Paus yang mengejutkan warga Pantai Ujung Kareung Desa Durung Kecamatan Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar Provinsi Aceh, Senin (13/11-17).




Namum demikian Tim Ahli dari lembaga dari Lembaga Kajian Starttegis Pembangunan Aceh belum bisa menyimpulkan secara detail penyebab jenis Paus Sperma masuk dalam wilayah perairan Aceh.




“Kita belum dapat memberikan satu jawaban yang valid mengenai faktor apa peyebab terdamparnya jenis mamalia laut Paus Sperma, dan secara umum ada 7 faktor yang menyebabkan jenis Ikan Paus ini bias terdampar hingga ke pesisir laut Aceh “




Yang Pertama karena terganggunya Sistem Navigasi, Ikan Paus Sperma mempunyai sistem navigasi yang dapat menunjukan arah yang akan dilalui. Apabila penunjuk arah ini terganggu maska paus akan merasa bingung dan akhirnya ia tersesat sehingga bisa terdampar ke perairan yang dangkal.




Sistem Nagivasi ini bisa terganggu karena bermacam dan salah satunya adalah aktivitas Kapal Perang atau pengukur kedalaman laut menggunakan Sonar yang mengeluarkan suara tinggi., dan bisa juga karena cuaca atau bentuk dasar laut yang tidak dikenalnya.

Selanjutnya akibat Bencana Alam, bencana alam yang dimaksud adalah Gempa Bumi yang disebabkan oleh letusan gunung api bawah laut, dan fenomena alam disebut itu disebut juga Gempa Bawah Laut atau Undersea Quake.




Ikan Paus juga mempunyai naluri terhadap Bencana atau Gejala Alam yang akan terjadi, oleh karena itu Ikan Paus akan mencari tempat untuk berlindung sebelum bencana tesebutterjadi. Hal ini juga bisa menyebabkan mereka tersesat dan terdampar ke perairan yang lebih dangkal.




Kemudian bila tersakiti dan terluka atau diburu oleh pemangsa maka dalam kondisi demikan Paus akan berupaya mencari tempat untuk berlindung Sakit. Dan biasanya mereka akan mencari tempat yang lebih aman seperti menuju pesisir yang lebih dangkal. Kadang kala juga Paus dapat terdampar karena terbawa arus dan air keruh atau disebabkan oleh pasut.




Akibat Perubahan iklim juga dapat meyebabkan Paus merubah jalur yang dilalui, sehingga terbawa ke perairan yang lebih dangkal. Bisa juga karena terpisah dari kelompoknya karena, biasanya Ikan Paus ketika berimigrasi bekelompok dengan jumlah yang besar. Sifat ikan Paus yang sangat setia kepada kawannya maka, ketika mereka terpisah dari kelompoknya yang besar ketika mencari makanan mengakibatkan mereka tersesat dan terdampar secara masal.




Dampak dari Pencemaran Laut bukan hanya jenis ikan kecil saja yang terkena, jenis mamalia laut juga terkontiminasi dan berdampak berimigrasi kedaerah lainnya yang lebih steril. Pencemaran itu dapat terjadi karena pembuangan limbah-limbah cair industry atau sisa sisa kapal maupun limbah jenis lain kelingkungan perairan.




Ikan Paus Sperma adalah salah satu Jenis mamalia pemakan ikan-ikan kecil yang terdapat diperairan, dan akibat sumber makanan yang tersedia diperairan tersebut mengalami krisis, maka dengan sendirinya paus-paus itu akan mencari tempat lain untuk kelangsungan hidupnya. Sehingga tanpa mereka sadari, telah berada pada perairan yang dangkal dan membuat kelompok kecil mamalia tersebut terjebak tidak dapat kembali terdampar ke pesisir.(Wapemred)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.