Kamis, 21 Desember 2017

Akibat banjir, Ratusan Hektar Lahan Pertanian Warga Sumenep Teramcam Gagal Panen

    12/21/2017   No comments

MOKI, Sumenep - Hujan lebat menguyur Sumenep Madura Jawa Timur, Ratusan hektar lahan pertanian milik warga di tiga desa Kecamatan Lenteng terendam air. Kamis. 21/12/17.




Tiga Desa yang kenak dampak terendam banjir luapan tanggul jebol sungai tersebut, adalah Desa Cangkreng, Desa Meddelen dan Desa sendir.

Menurut Sutrisno warga Desa Cangkreng menuturkan,  hujan memang cukup lebat, dan sungai di Desa muangan tidak bisa menampung air kiriman mengakibatkan tanggul sungai tersebut jebol.

“Lahan tanaman padi yang berumur 10 hari lahan sawah yang sudah tertanam gagal panen terendam air dan membusuk,” Tuturnya, Kamis (21/12/2017).




Menurutnya, ratusan hektar lahan pertanian dan perumahan warga ditiga Desa rata-rata 50 persen terendam air. Akibat dari genangan air tersebut, masyarakat mengalami kerugian mencapai ratusan juta rupiah.

“Genangan air lahan pertanian yang tergenang di tiga desa, rata – rata mencapai 50 persen, ini petani yang sudah mengeluarkan biaya tanam kurang lebih ratusan juta rupiah,” jelasnya.




Sutrisno menjelaskan, Jebolnya tanggul memang sudah dari tahun kemarin, dan kondisi kontruksinya rusak rapuh kurang lebih sudah lima tahun terakhir.

Ia berharap kepada pemerintah dan instansi terkait, khususnya Dinas Pengairan, supaya cepat memperbaiki tanggul agar tidak terjadi luapan air lagi.




“Saya sudah melaporkan ke pihak pemerintah Desa, tapi tidak ada jawaban, dan terpakasa nantinya
kami akan melakukan gotong royong untuk memperbaiki tanggul. Takut ada hujan lebat lagi antisipasi luapan air susulan,” Pungkasnya. (sr)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.