Minggu, 10 Desember 2017

Bupati Sumenep, Karya Batik Sumenep Harus Mendapat Hak Paten

    12/10/2017   No comments

MOKI, Sumenep-Hasil  karya Batik di kabupaten Sumenep Madura Jawa Timur harus mendapatkan hak paten sehingga dapat membedakan batik Sumenep dengan batik daerah lain.




Pernyataan itu di sampaikan Bupati Sumenep A. Busyro Karim di acara malam puncak Sumenep Batik Festival 2017 bertempat di Gor A. Yani Sumenep. Sabtu.9/ 12/17. Pukul 19.00 wib.




Menurut orang nomer satu di kabupaten Sumenep ini,  Batik merupakan salah satu lima dari warisan budaya Indonesia yang harus di pertahankan dan di kembangkan agar terhindar dari kepunahan,

"Batik termasuk warisan yang paling mudah di pertahanakan kelestariannya, jika di bandingkan dengan warisan lainnya," Katanya.




Sambung dia untuk itulah, kegiatan ini untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa pemerintah daerah dan pelaku industri batik, bersatu bersama sama mengangkat derajat batik sebagai budaya Indonesia yang perlu dilestarikan.




Menurutnya, jumlah batik di sumenep mengalami peningkatan signifikan sejak lima tahun terahir,  seiring banyaknya wisatawan yang datang ke sumenep baik wisatawan domestik maupun manca negara.




"Jumlah batik di Sumenep mengalami peningkatan signifikan sejak lima tahun terahir, seiring banyaknya wisatawan yang datang ke bumi sumekar ini,  baik wisatawan domistik maupun manca negara, " Imbuhnya.




Busyro menambahkan,  Pada tahun 2018 mendatang akan ada 39 event wisata Sumenep baik tingkat nasional maupun internasional, salah satunya Festival batik Nusantara 15 Desember 2018 kita ingin membuka mata indonesia bahwa daerah sentra industri batik di Indonesia bukan hanya Solo,  Pekalongan, Yogyakarta, Cerbon,  Bali,  tetapi juga kabupaten Sumenep.




Bupati dua priode in juga menekankan,  Pertama,  Penguatan generasi membatik harus mendapatkan perhatian khusus, sehingga pewaris  dan penerus penciptaan batik di berbagai sentra batik tidak terhenti satu generasi saja.
Yang kedua juga menghimbau para pengrajin batik kreatif mempromosikan hasil batiknya.




Yang tiga,  banyak batik di nusantara, tetapi banyak batik di madura khususnya Sumenep memilih keunggulan tersendiri, baik desain,  motifnya maupun pewarnanya.

Untuk itu Busyro berharap, perlu diupayakan mendapatkan hak paten batik Sumenep, sehingga akan membedakan batik sumenep dengan batik daerah lainnya




"Batik Sumenep harus mendapatkan hak paten,  biar bisa membedakan batik sumenep dengan batik daerah lainya," pungkasnya. (sr)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.