Kamis, 21 Desember 2017

Gelapkan Raskin Kades Poteran Di Vonis Dua Tahun Penjara

    12/21/2017   No comments

MOKI, Sumenep - Gelapkan raskin kepala Desa Poteran, Suparman kecamatan Talango Sumenep Madura Jawa ahkirnya di vonis dua tahun Penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Surabaya.




Suparman (kades) terbukti melakukan penyimpangan realisasi bantuan beras untuk masyarakat miskin (Raskin) tahun 2014.




"Yang bersangkutan divonis 2 tahun dan denda Rp 50 juta," kata Kasi Pidsus Kejari Sumenep Herpin Hadat. Kamis, 21/12/17.

Dijelaskan, apabila yang bersangkutan tidak sanggup membayar denda, maka harus diganti dengan hukuman sebanyak satu bulan.




Selain itu, majelis hakim juga memutuskan Suparman untuk membayar ganti rugi sebesar Rp 260 juta 100 ribu 400 rupiah.

"Kami memberikan waktu 1 tahun untuk membayar ganti rugi," jelasnya.

Hingga saat ini kata Herpin, terpidana belum memberikan keputusan, apakah akan membayar atau tidak.




Hanya saja, sambung pria yang karib disapa Sarpin, dari putusan tersebut, denda Rp 50 juta bisa diganti dengan masa kurungan 1 bulan, dan uang pengganti sebesar Rp 260 Juta itu bisa diganti dengan masa kurungan 3 bulan lamanya.

"Jika sampai 1 tahun sejak putusan Pengadilan Tipikor Surabaya ditetapkan, kami bisa melakukan penyitaan dan pelelangan terhadap harta benda dari terdakwa sebagai pengganti,” tegasnya.




Diberitakan sebelumnya, Kades Poteran Suparman dilaporkan oleh warganya terkait penyelewengan raskin pada tahun anggaran 2014. Sesuai hasil penyelidikan pendistribusian raskin yang dalam setahun sebanyak 14 kali, namun hanya didistribusikan sebanyak 10 kali dalam setahun.(sr)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.