Sabtu, 09 Desember 2017

Korem 011/LW Latihan Simulasi Bencana Alam, Pelaksanaanya Real

    12/09/2017   No comments

MOKI -  ACEH UTARA. Dalam rangka mengantisipasi terjadinya Bencana Alam seperti Gempa Bumi, Tanah Longsor maupun Banjir, di Wilayah Korem 011/Lilawangsa, Provinsi Aceh, Sabtu (9/12/2017).




Maka, satuan Korem 011/Lilawangsa mengelar kegiatan latihan simulasi penanggulangan Bencana Alam. Namun pada pelaksanaan latihan  penangulangan Bencana Alam tersebut, Real (Nyata) terjadi.

Seperti saat ini, di Desa Simpang Rangkaya khususnya, Kebupaten Aceh Utara pada umumnya, ratusan rumah warga masyarakat terendam banjir saat di guyuran air hujan melanda. Sehingga bertepatan dilaksanakan latihan penanggulangan oleh satuan Korem 011/Lilawangsa, maka pelaksanaan di lapangan Nyata dilakukan.

Hal itu dikatakan Komandan Korem (Danrem) 011/Lilawangsa Kolonel Inf Agus Firman Yusmono melalui  Kepada Staf Korem (Kasrem) 011/Lilawangsa Letkol Inf Shofanudin saat menutup latihan simulasi penanggulangan bencana alam.




“Kegiatan ini merupakan program tetap Korem 011/Lilawangsa dalam memelihara kemampuan dan ketrampilan
untuk meningkatkan kemampuan pemahaman prosedur hubungan Komandan dan Staf, pelaksanaan operasi bantuan penanggulangan bencana alam, penanganan pengungsi serta pemberian bantuan kemanusiaan.Sehingga  prajurit dan satuan senantiasa siap operasional kapan saja dan dimana saja terjadinya Bencana Alam” jelasnya.

Ditambahkan Kasrem, kita ketahui bersama, saat ini iklim cuaca di Wilayah Korem 011/Lilawangsa khususnya sangat Ekstrem. Oleh karena itu, tujuan dilaksanakan latihan tersebut. “Jangan sampai saat akan mengevakuasi korban, malah menjadi korban karena kita tidak terlatih, begitu juga dihadapkan Bencana Alam tersebut, malah kita tidak tau mau berbuat apa, hal itu hendaknya jangan sampai terjadi”, katanya.




Kegiatan tersebut melibatkan berbagai unsur diantaranya,  Polres Aceh Utara, Dinas Kesehatan, Palang Merah Indonesia (PMI) dan Pemadam Kebakaran wilayah Aceh Utara. Dengan maksud apabila terjadi bencana alam penanganan akan semakin cepat dan saling memahami, pungkas Kasrem usai menutup latihan Real Bencana Alam.(Rusdi Hanafiah).

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.