Sabtu, 09 Desember 2017

Miris !!! Fashion Batik Sumenep Umbar Aurat.

    12/09/2017   No comments

MOKI, Sumenep -  Batik Festival 2017 Sumenep Madura Jawa Timur sebagai upaya mempromosikan Visit Sumenep 2018 dinilai mencederai norma dan nilai budaya, bahkan melanggar ajaran agama.Sabtu. 9/12/17.




Sejumlah peserta  tampak bebas melenggang di Catwalk Fashion On The Street yang tak jauh dari Masjid Agung Sumenep, yang selama ini menjadi simbol kota ini yang dikenal agamais.




Ketua Umum PC IKAPMII Sumenep, Joko Suhardi menyatakan prihatin dan miris terhadap penyelenggaraan Batik Festival Sumenep, karena ada peserta lebih menonjolkan desain busana batik yang mempertontokan aurat, bukan pada nilai seni (motif) batik itu sendiri.

"Karya budaya bangsa  ini telah ternodai dengan peragaan model yg menggunakan busana batik yg tampak terlihat jelas pada bagian sensitif tubuhnya, masak desain busananya harus dibolong diwilayah tubuh sensitifnya," Kata Joko. Sabtu.(8/12/17)




Lanjut dia,  Inovasi Pemkab Sumenep melalui Visit Sumenep 2018 memang harus didukung oleh semua lapisan masyakat, tetapi tatanan kehidupan yang berbudaya dan agamis harus juga diperhatikan oleh semua pihak, termasuk penyelenggaraan ivent seperti pada Batik Festival.

Menurutnya, dalam Festival tersebut Seharusnya penyelenggara membuat aturan dan ketentuan yang mempersyaratkan dengan kriteria yang tepat  pada desain busana yang akan ditampilkan, yakni mengenai norma, etika dan estetikanya.




"Panitia teledor jika kemudian muncul model dengan busana umbar aurat. Padahal acara lainnya seperti menghadirkan Puteri Indonesia cukup bagus,"Tandas Joko.(sr)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.