Minggu, 24 Desember 2017

Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Desa Kalianget Barat Bakal Maksimalkan BUMDes

    12/24/2017   No comments

MOKI, Sumenep – Untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, Kepala Desa (Kades) Kalianget Barat, Kecamatan Kalianget , Sumenep, Madura, Jawa Timur Suharto memiliki komitmen  Salah satunya, memaksimalkan keberadaan BUMDes (Badan Usaha Milik Desa).




“Tahun 2018, kami akan memaksimalkan BUMDes dengan melakukan penyertaan modal lewat Dana Desa (DD). Termasuk nantinya, akan mengembangkan jenis usaha yang ada dalam BUMDes, ” kata kades Suharto. Minggu. 24/12/17.




Dikatakan,  BUMDes pada dasarnya merupakan bentuk konsolidasi atau penguatan terhadap lembaga-lembaga ekonomi desa dan merupakan instrumen pendayagunaan ekonomi lokal dengan berbagai ragam jenis potensi, yang bertujuan untuk peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat desa melalui pengembangan usaha ekonomi.

"Pendirian BUMDes sebagai upaya menampung seluruh kegiatan dibidang ekonomi maupun pelayanan umum yang dikelola oleh desa atau kerjasama antar-desa," terangnya.




Tujuannya sambung dia, Pertama. meningkatkan perekonomian desa, mengoptimalkan aset desa agar bermanfaat untuk kesejahteraan desa, kedua meningkatkan usaha masyarakat dalam pengelolaaan potensi ekonomi desa, ketiga mengembangkan rencana kerjasama usaha antar desa dan/atau dengan pihak ketiga, keempat menciptakan peluang dan jaringan pasar yang mendukung kebutuhan layanan umum warga, kelima meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui perbaikan pelayanan umum, pertumbuhan dan pemerataan ekonomi desa.

Menurut Suharto, BUMDes nantinya juga akan memanfaatkan masyarakat dengan potensi yang dimiliki. Sehingga, keberadaanya bisa memberikan manfaat kepada masyarakat.




“Tentu harus memberikan dampak atau effek kepada masyarakat, ” ungkapnya.

Selain BUMDes, sambung dia, dengan DD pihaknya juga melakukan pemberdayaan yang lain untuk kemasyarakat, khusunya yang berkaitan skill dan keterampilan masyarakat.




“Kami tidak hanya pada infrastruktur, pemberdayaan tetap menjadi atensi kami, ” ungkapnya.

Untuk itu, pihaknya meminta peran serta masyarakat dalam mensukseskan semua program Desa Kalianget Barat, baik yang melalui DD maupun ADD.




“Peran serta masyarakat menjadi sangat penting untuk kesuksesan pembangunan di Desa Kalinaget Barat, ” Tandasnya.(sr)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.