Rabu, 03 Januari 2018

Pemkab Sumenep Gelar Bursa Inovasi Desa

    1/03/2018   No comments

MOKI, Sumenep-Pemerintah daerah Kabupaten Sumenep, Jawa timur menggelar acara Bursa Inovasi desa yang di selenggarakan di Gedung Islamic Center Pada hari sabtu 30 Desember 2017.




Bursa Inovasi desa yang di hadiri oleh Forpimda Kabupaten Sumenep, Camat se Kabupaten Sumenep, pimpinan OPD Pemkab Sumenep, BPD se Kabupaten Sumenep, dan kepala desa se Kabupaten Sumenep beserta 900 undangan.

Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Sumenep Drs. R. Idris. MM mewakili Bupati Sumenep menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya atas terselenggaranya acara ini terutama kepada kepala desa yang sudah membuat inovasi di desanya masing masing untuk kemajuan desa.




“Bursa inovasi desa merupakan tindak lanjut dari pedoman umum pembangunan desa sesuai dengan Undang Undang Desa,” jelas Idris.

Inovasi desa ini diaplikasi dalam bentuk Pengembangan ekonomi lokal melalui BUMDes, Peningkatan kualitas SDM di desa dan Pemenuhan pembangunan infrstruktur desa,




Idris menambahkan, “saya sangat mengapresiasi program ini karena melalui program ini bisa memicu pembangunan desa, dengan kata lain desa yang berkembang akan menjadi contoh desa yang lain, dan jangan malu untuk meniru dan mengikuti desa yang sudah berkembang dengan baik dan berinovasi,” tandasnya.

Masih menurut Idris, bahwa di Kabupaten Sumenep sudah ada yang maju dengan mengembangkan desanya dengan karakter dan inovasi yang di sesuaikan dengan potensi desanya.




Study banding ke daerah lain seperti ke desa yang lebih maju sehingga akan bisa memetik dari hasil study banding tersebut dengan menerapkan di desanya dengan tidak mengindahkan potensi dan perkembangan karakter di desanya.

Sehingga di harapkan setiap perangkat desa harus mempunyai pemikiran yang inovatif untuk kemajuan desa masing masing.




Sementara kepala dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Ahmad Maisuni menyampaikan,  Inovasi Desa sengaja digelar untuk memamerkan hasil inovasi kegiatan yang ada ditingkat desa. Baik dari wirausaha, maupun infrastruktur, ” Ucapnya

Dengan begitu, sambung dia, keberadaan desa akan menjadi kuat dan mandiri. “Diharapkan dengan inovasi desa ini bisa menjadikan desa kuat dan mandiri,” tuturnya.




Hal senada juga disampaikan Kepala Bidang TTG Dinas PMD Sumenep, Sabenih, dengan pelaksanaan ini dimaksudkan desa bisa berinovasi dengan program wirausaha, infrastruktur dan SDM.

“Kita pamerkan hasil inovasi desa dari pusat hingga daerah, supaya bisa ditiru dan dilaksanakan desa, ” katanya.




Sabenni menjeskan, inovasi yang dipamerkan ada 38 dari tingkat nasional dan sekitar 30 inovasi yang desa Kabupaten Sumenep. “Dengan inovasi desa ini diharapkan mampu memberikan warna di desa, dan bisa mendorong terwujudnya desa mandiri guna memberika. Kesejahteraan masyarakatnya,”tandasnya.(sr)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.