Rabu, 31 Januari 2018

Sumenep Mengukir, Mengawali Visit Sumenep 2018

    1/31/2018   No comments

MOKI, Sumenep - Pemkab Sumenep Gelar Sumenep Mengukir yang bertempat di lapangan Desa Karduluk Kecamatan Pragaan Sumenep Madura Jawa Timur. Rabu, 31/1/2018.




Kegiatan Sumenep Mengukir 2018 tersebut dilakukan pemerintah setempat dalam rangka menyongsong Visit Sumenep dan dalam rangka melestarikan budaya serta tradisi yang di Sumenep.

Bupati Sumenep A. Busyro karim berharap, masyarakat Desa Karduluk harus mempertahankan eksistensi pengrajin ukir di Sumenep, karena  salah satu tantangan pengembangan budaya, termasuk seni ukir yakni  eksistensi pelakunya.




Untuk itu, keahlian seni ukir itu harus  menjadi  warisan  kepada generasi muda desa setempat, mengingat seni ukir tidak hanya sebagai sumber penghasilan, namun juga kebanggaan budaya waris turun menurun leluhur.

“Kami berharap, masyarakat Karduluk bisa menelorkan keahlian seni mengukir kepada genarasi muda desa setempat sebagai regenarsi penjaga warisan, supaya seni ukir terus bertahan di era apapun bahkan semakin terkenal di dunia," Katanya. Rabu. 31/1/2018




Sambung Bupati dua periode itu, pengrajin seni ukir harus bisa mempertahankan ciri khas dan motif karya seni ukir masyarakat desa setempat.

"Mari pertahankan ciri khas dan motif ukiran, karena sejatinya merupakan identitas daerah agar mudah dikenal masyarakat luar, dan kembangkan inovasi-inovasi yang lebih kreatif.” Pintanya.




Kegiatan Sumenep Mengukir melibatkan 652 pengrajin seni ukir yakni sebanyak 592 pengrajin seni ukir berasal dari Desa Karduluk dan sebanyak 57 pengrajin seni ukir dari Desa Aeng Panas dan Desa Guluk Manjung. (sr)

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.