Kamis, 22 Februari 2018

Anggota Komisi X DPR RI, Muslim, hadiri undangan LSM Gadjah Puteh di Aceh

    2/22/2018   No comments

MOKI - LANGSA. Guna meninjau beberapa titik Budidaya Pembibitan pertanian binaan Gadjah Puteh di kawasan Langsa Baro,  Kota Langsa, Muslim Anggota Komisi X DPR - RI kunjungi Budi daya penanaman pembibitan Manggrove yang dijalankan oleh LSM Gadjah Puteh, Senin (19/02).




Amatan wartawan,  beberapa titik pembibitan yang dikunjunginya, Muslim sangat memngapresiasi terhadap kelompok tani dalam membudidayakan bibit tumbuhan. Apa lagi jenis tumbuhan langka yang semakin hari semakin terancam punah, seperti jernang, manggrov, dan tumbuh-tumbuhan lainnya. Menurutnya, jernang dewasa ini sangat mahal harganya, maka jika masyarakat menggalakkan budidaya dan melestarikannya, tidak menutup kemungkinan ekonomi masyarakat akan menggeliat.

"Meskipun saya bukan komisi yang membidanggi pertanian, mungkin saya bisa menghubunggi teman-teman-teman di DPR agar bisa mengalirkan bantuan bibit dari Kementria pertanian," uajar anggota DPR RI asal Aceh yang sudah Dua priode menduduki kursi wakil rakyat itu.




Disela-sela peninjauan itu Muslim juga mengatakan, dirinya siap memediasi dan memfasilitasi Gadjah Puteh untuk berkomunikasi dengan pihak Kementria Pertanian.

"Kalau nanti Gadjah Puteh telah siap ke Jakarta, saya siap sepenuhnya mendampinggi, menurut saya di Kementrian banyak bantuan bibit yang bisa didistribusikan ke Daerah"tuturnya.




Kelompok pembibitan dibawah naungan lsmngadjah puteh dan hutan ku nursery. mangrove sejumlah 1 juta bibit yang akan ditanam dalam wilayah pantai timur aceh dalam kesempatan itu Anggota Dpr ri berjanji akan memfasilitasi dan menbuka akses ke pusat untuk dipermudah, semisal bantuan bibit.

Muslim juga mengunjungi lahan pembibitan tanaman penghijauan dan tanaman holtikultura yang masih berada dibawah bendera yang sama. Dilahan seluas 2 ha tersebut banyak bibit tanaman yang akan dibagikan kepada 35 kelompok tani yang tersebar di sebagian besar aceh.




Pada kesempatan itu Muslim juga berjanji akan berupaya membantu kelompok tani masyarakat agar lebih mufah dalam mengembangkan usaha pertanian mereka.

Saat ini tempat pembibitan tersebut sedang mempersiapkan sebanyak 300 ribu bibit pohon jernang. Menurut Sayed Zahirsyah yang merupakan pengelola bibit tanaman holtikultura dan program konservasi mangrove bersama rekannya Azwar mengatakan, bahwa budidaya tanaman jernang sedang digalakkan oleh pemerintah. Buar jernang itu  bermanfaat sebagai bahan baku obat obatan dan juga sebagai bahan pembuat cat.




Diketahui bahwa pohon jernang tergolong sangat langka dan sangat sulit di dapat, banyak tumbuh di hutan hutan wilayah barat aceh.(Rusdi Hanafiah).

Previous
Next Post
© 2008 KabarInvestigasi I Portal Of Investigation. Designed by : Kang Aris
Powered by KabarInvestigasi.